SATMO Siapkan Tim untuk Memberi Bantuan Teknis Helikopter AH-64E bagi TNI

Helikopter AH-64E Apache. (© Wikipedia)

The Mission and Installation Contracting Command–Fort Bragg (MICC-FB) dalam mendukung United States Army Security Assistance Training Management Organization (USA-SATMO) mengumumkan persyaratan kontrak layanan non-personal pada tanggal 10 Maret 2017, untuk menyediakan Tim Lapangan Bantuan Teknis (Technical Assistance Field Team/TAFT) Helikopter Serang AH-64E Apache Tentara Nasional Indonesia.

Pemenang kontrak harus menyediakan seluruh personil, peralatan, persediaan, transportasi, alat, bahan, pengawasan, dan barang-barang lainnya serta jasa non-personal yang diperlukan sesuai persyaratan TAFT AH-64E TNI di Indonesia, sebagaimana didefinisikan dalam Performance Work Statement (PWS).

Baru-baru ini, TNI membeli delapan unit Helikopter Serang AH-64E Apache sebagai bagian dari upaya modernisasi TNI Angkatan Darat. Helikopter AH-64E tersebut akan ditempatkan di Pangkalan Udara Semarang.

Pusat Penerbangan Angkatan Darat tidak memiliki keahlian dan pengalaman dalam pengoperasian dan pemeliharaan AH-64E. Oleh karena itu, USA-SATMO akan mengirim tim TAFT guna memberikan pelatihan informal, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan untuk membantu TNI dalam membangun kemampuan organik mereka dengan tujuan akhir membangun kapasitas secara mandiri dengan AH-64E.

Saat ini, Prajurit TNI Angkatan Darat mengikuti pelatihan di Amerika Serikat, yang dikoordinasikan oleh SATFA dan TRADOC melalui FY19. Prajurit TNI Angkatan Darat akan menerima kemampuan aplikatif setara dengan pelatihan Military Occupational Specialty Amerika Serikat.

Tujuan keseluruhan TAFT adalah membantu TNI dalam membangun kesiapan misi menggunakan Helikopter Serang AH-64E dengan instruktur pilot yang terlatih dan mendukung pemeliharaan pribadi.

Sumber: Dgmarket.com / Lancercell.com