Ingin Pesawat Tempur Murah dan Berkualitas, Pilih Tejas atau Advanced Hawk

Pemerintah Srilanka saat ini merencanakan ingin membeli 8 -12 pesawat tempur multirole baru. Saat ini Angkatan Udara Srilanka hanya diperkuat deretan armada pesawat tempur tua F-7, Kfir C dan MiG-27 Flogger.

Meskipun banyak spekulasi tentang kemungkinan terpilihnya JF-17 Pakistan – namun masih banyak pilihan lain yang bisa dijadikan alternatif oleh Angkatan Udara Srilanka, seperti LCA Tejas dan Advanced Hawk India atau MiG-29 / Su-27 Rusia dan Gripen dari Swedia.

Pada saat ini, hanya satu unit pesawat tempur Kfir yang masih bisa tebang, enam Kfir lainnya teronggok rusak dihanggar. Tujuh MiG-27 dan delapan F-7 juga memiliki nasib sama, tidak bisa terbang karena rusak atau tidak layak terbang.

India berposisi lebih menguntungkan. Dekat secara geografis, ekonomi, militer dan diplomatik, India bisa menawarkan dua pesawat sekaligus, LCA Tejas dan Advanced Hawk.

Jika Srilanka menginginkan pesawat tempur supersonic multi-peran, India bisa mengajukan Tejas MK.1, meskipun masih berada dalam tahap perkembangan, bisa menjadi pilihan yang layak. Tejas telah menunjukkan kemampuannya yang mumpuni pada peran pertempuran udara-ke-udara dan udara-ke-darat.

Dan dengan jumlah pembelian yang kecil, sangat tepat dengan jadwal produksi dan kapasitas pabrikan HAL India yang masih terbatas. Selain itu, Angkatan Udara Srilanka juga bisa melakukan kegiatan pelatihan dan konversi pada pilot pesawat tempurnya dengan mudah.

Atau jika Srilanka menginginkan pesawat tempur multi-peran yang lebih murah dengan biaya operasi yang relatif rendah, India bisa menawarkan pesawat tempur ringan kerjasama HAL dan BAE – Advanced Hawk.

Advanced Hawk memiliki kemampuan tempur udara dan darat yang mengesankan. Sanggup menembakkan rudal Brimstone dan rudal udara-ke-udara ASRAAM.

Pembelian 8 unit Advanced Hawk yang bisa dijadikan sebagai pesawat serang dan pesawat latih sekaligus, menjadikan biaya operasi Hawk Advanced pasti lebih rendah daripada pesawat tempur supersonik lainnya.

Dimasa depan, bukan hanya Srilanka yang bisa dijadikan pasar ekspor bagi pesawat tempur LCA Tejas dan Advanced Hawk. India bisa mengekspornya ke negara -negara lain yang menginginkan pesawat tempur murah namun berkualitas.

Author : Muhidin