Personel Koopsau II Mengikuti Survival Tempur Wanatirtha Yudha 2017

Kaskoopsau II Marsma TNI Donny Ermawan T.,M.D.S sedang melakukan pengecekan kesiapan para peserta latihan survival tempur Koopsau II “Wanatirta Yudha 2017”. (tni-au.mil.id)
Seluruh awak pesawat dan para penerbang tempur di jajaran Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II mengikuti kegiatan survival tempur “Wanatirtha Yudha 2017”. Latihan survival ini diselenggarakan pada tanggal 13—16 Maret 2017 di kawasan hutan dan danau Balopa, Kabupaten Luwu Selatan, Sulawesi Selatan.

Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Kaskoopsau) II, Marsma TNI Donny Ermawan, membuka latihan survival tempur Koopsau II ”Wanatirta Yudha 2017” di Lapangan Apel Makoopsau II Makassar, pada Senin (13/3).

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Kaskoopsau II, Pangkoopsau II Marsda TNI Umar Sugeng menyampaikan bahwa latihan ini bertujuan memberi bekal kemampuan khusus bagi para awak pesawat dalam menghadapi situasi darurat, baik di darat maupun di air.

”Hal tersebut sebagai antisipasi apabila pesawat yang diawakinya mengalami accident di daerah musuh, sehingga para awak pesawat yang masih hidup akan dapat mempertahankan diri dan menghindar dari kejaran musuh untuk menuju ke daerah yang aman atau daerah kawan” kata Pangkoopsau II.

Sementara itu, Marsma Donny berharap bahwa para peserta tidak menganggap remeh latihan ini meskipun di satuan masing-masing sudah pernah melaksanakan latihan survival dasar. Kerja sama dan koordinasi, baik antar sesama peserta latihan maupun antara peserta dengan pelatih, perlu dilakukan dengan cermat.

Sumber: tni-au.mil.id