KRI Banjarmasin-592 Siap Unjuk Kemampuan di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition

KRI Banjarmasin
Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), Laksamana Pertama TNI Agung Prasetiawan, telah melakukan inspeksi kesiapan KRI Banjarmasin-592 yang sedang sandar di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat (10/3).

Inspeksi ini dilakukan untuk memastikan kesiapan KRI Banjarmasin-592 yang akan mengikuti Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) di Langkawi Malaysia pada tanggal 21—25 Maret 2017.

Dalam inspeksi tersebut, Pangkolinlamil memeriksa hampir seluruh bagian kapal, mulai dari anjungan, haluan hingga buritan, serta segala hal yang berkaitan dengan mesin kapal, sistem navigasi, persenjataan kapal, hingga dapur umum.

Pangkolinlamil juga melakukan dialog dan menerima penjelasan dari Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Stanley Lekahena tentang kondisi teknis dan kesiapan kapal.

KRI Banjarmasin-592 merupakan kapal ke-3 jenis LPD, dimana dua kapal jenis ini sebelumnya dibuat di Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan, dan sekarang dibuat di PT. PAL Indonesia, Surabaya.

Kapal ini dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya.

Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

Sumber: tni.mil.id