Home » Militer Indonesia » Satgas Pamtas Laut 2017 INDONESIA—RTDL—Australia Laksanakan Latihan Replenishment at Sea

Satgas Pamtas Laut 2017 INDONESIA—RTDL—Australia Laksanakan Latihan Replenishment at Sea

(tnial.mil.id)
Beberapa unsur kapal perang jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang terlibat Latihan Pengamanan Perbatasan Indonesia—RTDL—Australia 2017 melaksanakan latihan Replenishment at Sea (RAS), di Laut Jawa, pada Senin (13/3).

Latihan ini dibawah komando langsung Wakil Komandan Latihan (Wadanlat), Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara Irvandhani.

Unsur-unsur yang terlibat dalam latihan tersebut adalah KRI Salawaku-842 yang dikomandani Mayor Laut (P) Garmadi, KRI Sidat-851 yang dikomandani Mayor Laut (P) Ivan Halim, dan KRI Tatihu-853 yang dikomandani Mayor Laut (P) Dwi Eko Ardianto.

Latihan RAS disimulasikan di haluan KRI Salawaku-842, KRI Sidat-851, dan KRI Tatihu-853. Ketiganya melaksanakan formasi berjajar dengan jarak 50 yard. Kegiatan diawali dengan mendekatkan kapal, menyiapkan tali, menembakkan tali gun line tali buangan, dan mengirimkan tali-tali buangan ke kapal yang dituju.

Latihan RAS merupakan suatu cara mengirimkan atau pengisian logistik dari kapal ke kapal yang dilaksanakan pada saat kapal berlayar atau operasi. Pembekalan di laut ini juga bisa untuk evakuasi personil dari kapal ke kapal.

Serial RAS ini bertujuan untuk mengirim bekal atau obat-obatan dari unsur ke unsur yang membutuhkan bekal ulang dan untuk melatih ketangkasan naluri tempur para prajurit KRI.

Sumber: Dispenarmatim