Kecelakaan Su-30MKI dan Heli Chetak India, Tidak Ada Korban Jiwa

Dilansir dari Defense World, tiga orang terluka setelah sebuah pesawat tempur Sukhoi-30MKI jatuh di Barmer, Rajasthan sore ini, 15 Maret, menurut laporan TV. Kedua pilot yang berada dipesawat tempur tersebut dinyatakan selamat.

Sebuah pesawat Su-30MKI Angkatan Udara India yang terjatuh. (© News18)

Sebuah mahkamah penyelidikan telah dibentuk oleh Angkatan Udara India, untuk menyelidiki penyebab terjatuhnya pesawat tempur Su-30MKI India tersebut, menurut laporan itu.

Sementara para korban yang terluka saat ini telah dirawat di rumah sakit pemerintah. Lokasi terjadinya kecelakaan telah ditutup. Pesawat Su-30MKI ini kecelakaan dalam melakukan sortie rutin.

Insiden jatuhnya pesawat Su-30MKI itu terjadi beberapa jam setelah sebelumnya sebuah helikopter Chetak dari Angkatan Udara India juga mengalami kerusakan dan mendarat darurat di sebuah distrik di sebelah Kaushambi, beberapa menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara di pinggiran kota pagi ini.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, menurut pejabat pertahanan yang dikutip oleh Financial Express, Rabu, 15 Maret 2017.

Helikopter IAF Chetak, mengalami kecelakaan pada 15 Maret 2017 pagi. (India Today)

Menurut Defence PRO Group, Kapten B.B. Pande, helikopter Chetak Angkatan Udara India (IAF ) lepas landas dari markas Komando Pusat Udara di Bamrauli, sekitar 20 km dari sini, melakukan sortie rutin dengan dua pilot didalamnya.

“Tak lama setelah lepas landas, helikopter mengalami kegagalan teknis diikuti oleh pilot yang mencoba mendaratkan heli tersebut disebuah ladang. Akibat tanah yang tidak rata, maka helikopter terguling ketika mendarat, meskipun begitu kedua pilot bisa dikeluarkan dengan selamat”, katanya Pande dalam sebuah pernyataan.

Sebuah penyelidikan juga telah dilakukan untuk memastikan penyebab kecelakaan helikopter tersebut, kata Pande.