F-35 Berhasil Melakukan Penembakan Perdana dari rudal ASRAAM

Jet tempur siluman Lockheed Martin F-35 Lightning II telah berhasil melakukan uji coba penembakan perdana dari rudal MBDA ASRAAM (Advanced Short Range Air-to-Air Missile), sebagaimana dalam rilis pers MBDA. (15/03/2017)

Jet tempur siluman F-35 berhasil menembakkan rudal MBDA Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM)

Uji coba perdana menembakkan rudal yang dirancang oleh Inggris dari Joint Strike Fighter F-35, dan untuk pertama kalinya rudal buatan non-AS telah ditembakkan dari pesawat.

Dua uji coba yang dilakukan dari Naval Air Station Patuxent River dan Edwards Air Force Base di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa kedua uji coba penerbangan dan penembakan rudal ASRAAM yang diluncurkan dari udara telah berhasil dilakukan.

MBDA saat ini berada di bawah kontrak yang diberikan pada tahun 2016, untuk memproduksi rudal udara-ke-udara dipandu infra-merah (IR) berkemampuan tinggi  untuk F-35 Inggris.Roket pendorong besar ASRAAM dan desain aerodinamis yang bersih memberikan kemampuan kinematik tinggi yang mampu mengantarkan performa kinerja akhir yang superior dibandingkan dengan rudal IR yang ada dalam layanan negara lain.

Percobaan dilakukan oleh tim penguji terpadu di Patuxent dan Edwards, yang terdiri dari Lockheed Martin, BAE Systems, MBDA dan Northrop Grumman.

Uji coba pengembangan saat ini sedang dilakukan di bawah program integrasi ASRAAM ke pesawat tempur F-35 milik Inggris. Keberhasilan uji coba ini selanjutnya direncanakan untuk kegiatan integrasi yang memungkinkan Kemampuan Operasi Awal (IOC) dari pesawat tempur oleh Inggris.

MBDA juga telah dikontrak untuk Capability Sustainment Programme (CSP) ASRAAM untuk membangun rudal pengganti bagi pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris.

Upaya CSP yang memanfaatkan kesamaan rudal ASRAAM ini dengan keluarga rudal CAMM, yang ada dalam pelayanan Angkatan Laut dan Angkatan Darat Inggris, sehingga memberikan penghematan biaya secara luas di seluruh Angkatan Bersenjata Inggris.

MBDA Missile Systems