Mock Combat : F-15 dan F-22, Sapu Bersih Pesawat Tempur Musuh

Pesawat F-15 Eagle (Master Sgt. Thomas Meneguin / USAF)

Mock Combat : F-15 dan F-22, Sapu Bersih Pesawat Tempur Musuh 1

Angkatan Udara AS yang berbasis di Tyndall Air Force Base, baru saja menggelar latihan perang “Weapons Systems Evaluation Program (WSEP)”. Latihan WSEP ini meliputi : mengisi dan menembakkan rudal hidup, weapons delivery systems, the weapons, weapons loaders, aircrew, technical data, dan maintenance. Tujuan latihan ini untuk memeriksa kemampuan sistem senjata dan mengevaluasi kemampuan dan kesiapan pesawat.

Latihan ini melibatkan 9 pesawat F-15 Eagles dari Massachusetts Air National Guard (ANG), 104th Fighter Wing, bersama F16, F-22, F-35 dan F-18 Kanada. Latihan itu melakukan 212 dari 221 sortie. Menyisakan 9 sortie karena faktor cuaca.

Salah satu dari latihan itu adalah pelatihan perang terfokus pada perang udara-ke-udara, seperti yang dijelaskan oleh Kolonel Bladen. “Dengan beberapa pesawat tempur lainnya di Gulf Coast, kami membuat sejumlah skenario pertempuran. Hari terakhir dari latihan kami adalah menerbangkan 4 pesawat F-15s dan 4 pesawat F-22 (tim biru) melawan 14 “pesawat tempur musuh (tim merah)”. Untuk pelatihan ini, kami memperbolehkan tim merah untuk kembali mengudara setelah dibunuh oleh tim biru. Hasil akhir dari misi itu: Tim Biru menghancurkan 41 pesawat musuh dan kehilangan hanya satu pesawat. Cukup fenomenal, kesempurnaan adalah tujuan kami sehingga akan difokuskan pada bagaimana agar bisa memiliki rasio 41-0.”, ujar Kolonel William Bladen, 104th FW, Operations Group Commander.

Yang perlu diperhatikan hasil dari latihan pertempuran ini (mock combat) cukup mengesankan, tapi tidak mengejutkan. Seperti yang telah kami jelaskan, pada realitanya F-15, yang menampilkan rasio kill tak tertandingi dalam peperangan udara-ke-udara dengan skor 104 : 0, adalah benar F-15 “master superioritas udara” dan ketika F-15 terintegrasi dengan kemampuan pesawat siluman generasi ke-5, F-22, musuh hampir tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan pertempuran udara-ke-udara.

Theaviationgeekclub.com

Leave a Reply