Kasau Resmikan Monumen A-4 Skyhawk di Museum Satria Mandala

Monumen Pesawat Mcdonnell Douglas A4 Skyhawk di Museum Pusat Sejarah TNI Satria Mandala, Jakarta. (angkasa.co.id/Ery)

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, melakukan peresmian monumen pesawat tempur A-4 Skyhawk menjadi koleksi museum Satria Mandala, Jakarta, pada Selasa (14/3).

Marsekal Hadi Tjahjano mengatakan bahwa penyerahan monumen pesawat A-4 Skyhawk tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para senior TNI Angkatan Udara yang pernah berjuang menegakkan kedaulatan udara Indonesia. Ditambahkan, nilai-nilai kejuangan para senior TNI Angkatan Udara, khususnya para penerbang dan teknisi pesawat A-4 Skyhawk dalam mengoperasionalkan pesawat adalah layak untuk diwariskan dan diketahui oleh generasi penerus TNI Angkatan Udara khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“TNI AU sengaja menempatkan monumen pesawat A-4 Skyhawk di museum pusat Satria Mandala, dengan harapan generasi penerus dapat melihat secara langsug pesawat yang pernah berkiprah di wilayah udara nasional, yang pada saat itu semua dapat dilaksanakan dengan baik dan membanggakan,” terang Kasau.

Pengadaan pesawat tempur A-4 Skyhawk memperkuat TNI Angkatan Udara pada era 1980-an, yang ditempatkan di Skadron Udara 11 Lanud Iswahjudi, Madiun. Dalam perjalanannya, sesuai kebijakan strategis TNI Angkatan Udara, pesawat kemudian dibagi dalam dua Skadron, yaitu Skadron Udara 11 di Lanud Sultan Hasanudin Makasar dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Selama berkiprah di TNI Angkatan Udara, pesawat A-4 Skyhawk banyak menorehkan tinta emas di berbagai medan operasi di seluruh wilayah Indonesia. Seiring dengan perjalanan waktu, pesawat A-4 Skyhawk mengakhiri pengabdiannya di TNI Angkatan Udara, dan sejak tahun 2004 pesawat dinyatakan tidak lagi digunakan TNI Angkatan Udara, keberadaannya kemudian diganti oleh pesawat tempur Sukhoi Su-27/30.

Sumber: tni-au.mil.id

0 Shares

Tinggalkan komentar