Ukraina Kembangkan Jet Tempur Buatan Dalam Negeri

Pesawat MiG-29 Ukraina (Nick Savchenko)

Presiden Ukraina Petro Poroshenko 15/3/2017 mengumumkan industri pertahanan dalam negeri akan mengembangkan pesawat tempur twin-engine buatan sendiri. Pengumuman ini dibuat saat kunjungan Poroshenko ke Pabrik pembuatan mesin Ivchenko yang terletak di kota Zaparozhe, Ukraina Selatan. Di fasilitas ini juga terdapat pabrik perakitan mesin terbesar Ukraina selama masa Uni Soviet, yakni Motor Sich.

Tim desain aeronautika Ukraina telah menghasilkan sketsa dari platform pesawat tempur baru, yang diberi nama Legkiy Boiviy Litak, yang artinya “Pesawat Tempur Ringan” dan disingkat LBL. Pesawat ini tampaknya akan memiliki kemiripan yang kuat dengan Mikoyan MiG-29 Soviet untuk penampilan luar, tetapi sistem onboard pesawat akan berasal dari non-Rusia.

Salah satu perbedaan utama antara desain Ukraina yang baru ini dengan MiG-29 yang asli, adalah mesin dan elektronik. Laporan dari kunjungan Poroshenko untuk fasilitas Ivchenko menyatakan bahwa dua mesin akan berdasarkan AI-322F engine dan avionik dari Barat dengan pembuatan di Ukraina.

Desain mesin menjadi salah satu pendorong utama untuk mewujudkan konsep pesawat tempur ini. Presiden Ukraina menyatakan, “Kami akan segera membuat mesin pesawat sendiri untuk pesawat tempur kami.” Poroshenko juga menunjukkan bahwa Ukraina adalah salah satu di antara hanya lima negara di dunia yang mampu secara mandiri mengembangkan desain mesin pesawat.

Konsep pesawat tempur baru Ukraina pertama kali disebutkan di awal bulan ini dalam sebuah wawancara dengan Yuri Brovchenko, wakil menteri Ukraina untuk pembangunan ekonomi dan perdagangan. “Pada subjek penerbangan militer, hari ini kita sedang memeriksa kemungkinan pengembangan pesawat tempur buatan kita sendiri. Ada tim desain sudah bekerja untuk ini,” katanya kepada media Ukrainski Novini.

Janes.com