China dan Pakistan Rundingkan Rencana Membangun Rudal, Tank dan Pesawat Tempur

China dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk bekerjasama membangun rudal balistik, rudal jelajah, rudal anti pesawat dan rudal anti kapal dengan Pakistan, menurut laporan media pemerintah China pada hari Kamis, sebagaimana dilansir oleh Defense World.

Jet tempur FC-1 “Xiaolong” Angkatan Udara China

Kemitraan strategis akan lebih ditingkatkan karena kedua negara juga akan memproduksi massal bersama FC-1 Xiaolong, sebuah pesawat tempur ringan dan multiperan di “segala cuaca”, menurut laporan Global Times.

Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan, Jenderal Qamar Javed Bajwa dalam kunjungan pertamanya ke China, mengadakan pembicaraan dengan Jenderal Fang Fenghui, Kepala Staf Gabungan Departemen Pertahanan di bawah Komisi Militer Pusat.

Ootorisasi China kepada Pakistan untuk memproduksi sejumlah rudal balistik, rudal jelajah, rudal anti pesawat, rudal anti kapal dan tank tempur utama di Pakistan adalah merupakan bagian dari diskusi yang diadakan tersebut.

Kerjasama baru pada teknis militer mungkin juga akan dibahas, menurut Song Zhongping, seorang ahli militer yang bertugas di Korps Artileri Kedua (sekarang dikenal sebagai Pasukan Roket PLA), kepada harian tersebut.

Kedua belah pihak juga berjanji pada hari Kamis, 16 Maret 2017 untuk menjamin keamanan Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), yang merupakan bagian penting dari inisiatif China pada “Belt and Road” yang digagasnya beberapa waktu lalu.