Masuk 15 Besar Peringkat Global Firepower Index, Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Helikopter TNI AD dan kapal perang TNI AL berparade di depan panggung kehormatan dalam peringatan HUT TNI ke 69 di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Armatim) Ujung, Surabaya, Selasa (7/10). (by Jiwa Bening)
Global Firepower Index (GFI) telah merilis peringkat kekuatan militer negara-negara di dunia. Peringkat tersebut diukur berdasarkan lebih dari 50 faktor, termasuk anggaran militer, kekuatan personel, dan jumlah alutsista yang dimiliki suatu negara.

Dalam peringkat tersebut, Indonesia berada pada posisi ke-14, dengan anggaran militer sebesar 6,9 miliar dolar AS. Indonesia juga memiliki 876.000 personel aktif, 468 tank, 420 pesawat, dan lima unit kapal selam.

Posisi tersebut menempatkan Indonesia sebagai satu-satunya negara ASEAN yang masuk dalam 15 besar peringkat GFI, dan tertinggi di Asia Tenggara. Negara Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam daftar tersebut adalah Vietnam di peringkat ke-17 dan Thailand pada peringkat ke-20.

Berikut adalah daftar 25 negara yang masuk dalam Global Firepower Index, seperti dilansir Business Insider pada Sabtu (18/3).

(Skye Gould/Business Insider)

Sumber: businessinsider.co.id