Empat Pesawat F-16 Dikirim ke Indonesia

Setelah mengalami kerugian satu pesawat tempur F-16 yang menderita kerusakan akibat insiden terguling, Angkatan Udara Indonesia akan mendapatkan empat unit F-16 varian Block 25id yang dikirimkan langsung dari Hill Air Force Base, Amerika Serikat.

Empat unit F-16 Fighting Falcon dari Ogden Air Logistics Complex akan diberangkatkan dari Hill AFB awal pekan ini.

Terdiri dari empat unit pesawat – tiga model C (satu kursi) dan satu model D (dual-seat). F-16 akan diterbangkan pada 14 Maret melintasi samudra selama empat hari dan menandai hampir selesainya tonggak utama untuk Program Regenerasi F-16 Indonesia.

Program F-16 System Program Office International Branch Program Office yang terletak di Hill, merupakan hasil dari kesepakatan Penjualan Militer Asing (FMS) yang memberikan 24 unit F-16 Blok-25 ke Indonesia pada akhir tahun ini.

F-16 Block 25 awalnya digunakan oleh Angkatan Udara AS dan unit Air National Guard, tetapi sudah di purna-tugaskan dan disimpan selama beberapa tahun di Aerospace Maintenance and Regeneration Grup 309, tempat penyimpanan terbuka yang terletak di Davis-Monthan AFB, Arizona.

F-16 Block 25 tersebut sudah mengumpulkan sekitar 5.000 jam terbang sebelum dipensiunkan. Dalam persiapan untuk di regenerasi, setiap unit pesawat akan dibongkar secara hati-hati, disiapkan, dan dikirim dalam peti sejauh 800 mil utara dari Davis-Monthan ke Hill AFB.

Skuadron Pemeliharaan Pesawat (AMS) Ogden ALC – 573 bertanggung jawab untuk pemulihan F-16 dan mulai bekerja pada tahun 2013, dan telah menghabiskan waktu 17.000 jam kerja, yang merupakan salah satu upaya produksi yang paling kompleks di depot F-16.

Setiap pesawat F-16 mendapatkan banyak sekali komponen upgrade baru termasuk satu set sayap baru, sayap stabilizer horizontal dan landing gear, selain itu juga mendapatkan struktur dan kemampuan avionik tambahan. Sebelum dikirimkan, setiap F-16 modifikasi menjalani serangkaian tes penerbangan yang ketat sekali.

Pengiriman terbaru ini menjadikan total sudah 18 unit F-16 dikirimkan ke Indonesia. Enam F-16 terakhir masih dalam tahap modifikasi dan regenerasi, dan dijadwalkan akan diserahkan kepada Angkatan Udara Indonesia pada akhir tahun ini.

Hill Afb
Editor : Muhidin