Bandara Perintis Disiapkan untuk Pulau Sebatik

Dermaga dan Trestel Pos TNI Angkatan Laut Sungai Pancang, Pulau Sebatik dalam tahap pekerjaan. (HO/Lanal Nunukan)

Nunukan – Sejumlah program pembangunan akan dan telah dilakukan di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, termasuk rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB).

“Saya bertatap muka dengan masyarakat Pulau Sebatik (Nunukan) membahas usulan pembentukan DOB,” ujar Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, melalui pesan singkatnya dari Pulau Sebatik, Minggu, 19/3/2017.

Kepada ratusan masyarakat yang hadir, Irianto menegaskan, pemerintah provinsi Kalimantan Utara terus memperjuangkan DOB Pulau Sebatik yang telah diajukan kepada pemerintah pusat melalui Kemnterian Dalam Negeri sejak beberapa tahun lalu.

Irianto Lambrie juga menjelaskan, rencana usulan alternatif menjadikan Pulau Sebatik sebagai daerah otoritas seperti Pulau Batam Provinsi Kepulauan Riau yang berbatasan dengan Singapura.

Irianto menyampaikan, sejumlah program pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di pulau yang berbatasan langsung dengan Negeri Sabah, Malaysia seperti pembangunan jalan lingkar, pembangunan dermaga pelabuhan penumpang dan pelabuhan perikanan.

Pemerintah Provinsi Kaltara juga mengusulkan pembangunan bandara perintis di Pulau Sebatik dimana diperlukan bantuan masyarakat setempat dalam hal pembebasan lahannya.

Irianto Lambrie mengatakan, masuknya Pulau Sebatik sebagai salah satu dari 111 pulau terluar yang ditetapkan Presiden Jokowi maka anggaran akan mengalir ke pulau Sebatik.

Antara