Cegat Rudal SAM Suriah, Israel Pertama Kali Tembakkan Sistem Arrow

Israel telah menembak jatuh sebuah rudal anti pesawat Suriah dengan menggunakan sistem anti-rudal paling canggih untuk pertama kalinya, rilis media Israel.

Sebuah rudal permukaan-ke-udara (SAM) Suriah dicegat menggunakan sistem Arrow, yang dirancang untuk menghentikan rudal balistik jarak jauh.

Rudal SAM Suriah ditembakkan ke jet tempur Israel yang baru saja menyerbu beberapa lokasi di Suriah. Puing-puing rudal SAM Suriah yang diintersep jatuh di Yordania, dua serpihan SAM lainnya jatuh diwilayah Israel. Militer Israel mengatakan pesawat tempurnya sudah kembali ke wilayah udara Israel ketika SAM Suriah ditembakkan pada Jumat dini hari.

Menurut media Israel, satu rudal SAM dicegat di utara Yerusalem menggunakan sistem Arrow.

Lalu apa itu sistem Arrow?

Arrow adalah sistem pertahanan anti-rudal yang dikembangkan bersama oleh Israel dan Amerika Serikat, di bangun dari pengalaman selama Perang Teluk 1991, dimana saat itu Israel dihantam 39 rudal Scud yang ditembakkan oleh Irak

Dua versi yang lebih modern dari sistem Arrow telah dikembangkan sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000.

Arrow dirancang untuk menyergap rudal balistik jarak jauh (yang terbang diluar atmosfer bumi pada lintasan yang sangat tinggi).

Arrow merupakan bagian dari perisai pertahanan rudal multi-lapis yang melindungi wilayah Israel dari ancaman rudal jarak pendek, menengah, dan jarak jauh.

BBC
Editor : Muhidin