Angkatan Udara Rusia Akan Terima Enam Jet Tempur Siluman

Jet tempur siluman Sukhoi T-50 PAK FA. (© Sputnik News/Alexei Druzhinin)

Armada Angkatan Udara Rusia akan menerima 6 (enam) unit pesawat tempur generasi kelima Sukhoi T-50 (PAK FA) sebagai bagian dari pengiriman batch pertama, kata Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Rusia pada hari Rabu sebagaimana dilansir oleh Sputnik News.

“T-50, sudah bukan rahasia lagi di sini, adalah sebuah pesawat tempur dengan kecepatan supersonik tanpa afterburner, dengan kemampuan siluman dan kecerdasan buatan. Kami akan menerima mesin ini. Enam unit”, kata Letnan Jenderal Andrey Yudin kepada wartawan di pameran Maritim dan Dirgantara Internasional yang berlangsung di Langkawi, Malaysia.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu oleh Jakarta Greater, bahwa pengiriman jet tempur generasi kelima Sukhoi T-50 PAK FA untuk Angkatan Bersenjata Rusia akan dimulai pada tahun 2018, menurut Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov.

“Sepertinya, Sukhoi T-50 PAK FA akan menjadi program persenjataan negara selanjutnya, antara tahun 2018 – 2025”, katanya dalam menanggapi pertanyaan tentang rentang waktu pengiriman jet tempur generasi kelima bagi Angkatan Bersenjata Rusia.

Dalam kesempatan terpisah, Yuri Borisov menyebutkan bahwa “Evaluasi dari sistem pesawat, integrasi persenjataan, termasuk rudal udara-ke-udara (AAM), rudal udara-ke-permukaan (AGM), serta berbagai jenis bom saat ini sedang berlangsung”.

T-50 adalah jet tempur multiperan berkursi tunggal, bermesin ganda yang dirancang untuk superioritas udara dan peran menyerang serta dilengkapi dengan sistem avionik canggih dan penggunaan radar AESA mutakhir.

Tinggalkan komentar