Su-35 atau F-16V – Tetap Pesawat Tempur Terbaik untuk Indonesia

f 16 block 70 e1541776598509

ilustrasi: (F-16 Block 70. (@ Lockheed Martin)

Hingga kini masih belum jelas pesawat type apa yang akan menggantikan armada F-5 Tiger II yang sudah uzur. Meski para pilot dari pesawat tempur F-5 sudah berlatih konversi menerbangkan pesawat latih T-50 dan Su-30MK, kejelasan pengganti F-5 Tiger II masih samar.

Pihak dari Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) sudah menyodorkan spesifikasi yang dibutuhkan kepada Kementerian Pertahanan, diantaranya pada kemampuan avionik yang harus lebih canggih dari armada pesawat tempur yang dimiliki TNI AU saat ini.

Salah satu persyaratan lain yang diinginkan TNI AU adalah pesawat tempur dari generasi 4.5, dan saat ini konon ada dua kandidat pesawat tempur yang memenuhi persyaratan TNI AU, yakni Su-35 buatan Rusia dan F-16 Viper buatan AS.

Su-35 merupakan pengembangan tercanggih dari generasi Flanker Su-27, dan karena sudah memiliki armada Su-27 dan Su-30, TNI AU tidak akan kesulitan dari segi perawatan dan pilot yang mengawakinya. Memiliki kelebihan pada kemampuan tempur, daya jelejah dan daya angkut perenjataan yang sangat besar. Namun memiliki kelemahan pada cost perawatan dan operasional yang mahal.

Sedangkan F-16V juga pengembangan tercanggih dari keluarga F-16, pesawat tempur tercanggih dan terkuat yang masih menjadi andalan AS hingga saat ini. TNI AU juga memiliki armada F-16 dalam jumlah yang lumayan besar, sehingga tidak menyulitkan dalam hal perawatan, dan pilot-pilot yang mengawakinya.

Memiliki kelebihan pada kemampuan tempur yang menakjubkan, daya jelajah yang cukup lumayan dan kemampuan menembakkan persenjataan termodern standar AS dan NATO. Namun memiliki kelemahan pada kerawanan embargo dan pembelian persenjataan yang rumit dan cenderung dibatasi.

Keduanya merupakan pesawat tempur generasi 4.5 terbaik di dunia saat ini, entah Su-35 atau F-16V yang akan dipilih. Kehadirannya akan sangat mendongkrak kemampuan Angkatan Udara Indonesia, bukan hanya menjadi sejajar namun menjadi setidaknya sedikit lebih baik dari kekuatan udara negara-negara tetangga.

Author : Muhidin

Leave a Reply