India Setujui Pembelian 100 Rudal Barak Untuk Kapal Perang

NEW DELHI – Dewan Akuisisi Pertahanan di Kementerian Pertahanan India telah menyetujui pembelian 100 rudal permukaan-ke-udara (SAM) Barak senilai USD 77 juta. Menurut sumber di departemen pertahanan India, pengadaan akan dilakukan di bawah kategori pembelian global.

Sesuai dengan kebijakan tersebut, pengadaan pertahanan India kali ini kesepakatan langsung dilakukan dirundingkan bersama perusahaan Israel, Rafael Advance Defense Systems Limited, seperti dilansir dari Sputnik News.

Rudal Barak permukaan-ke-udara (SAM) dapat digunakan untuk melacak dan menembak jatuh rudal subsonik dan supersonik, pesawat tempur, pesawat patroli maritim, helikopter dan rudal sea skimming.

Pada tanggal 22 Maret yang lalu, Angkatan Laut India telah berhasil melakukan uji coba penembakan perdananya dari sistem rudal Barak-1 yang baru dipasang pada kapal induk INS Vikramaditya. Pengujian dilakukan di Laut Arab, rudal itu ditembakkan pada sasaran yang terbang rendah dengan kecepatan tinggi pada jarak 10-12 km.

Angkatan Laut India telah berupaya mencari persenjataan global untuk pengadaan 10 sistem peluncur SAM jarak pendek vertikal dan 600 rudal untuk dipasang pada kapal Angkatan Laut India. Selain itu juga akan dimanfaatkan untuk pertahanan anti rudal dan terlibat target udara yang teridentifikasi lainnya. RFI mengatakan bahwa sistem rudal harus memadai untuk mencegat sasaran dengan kecepatan hingga Mach 3.

Leave a Comment