Sydney Morning Herald: AS Sadap Komunikasi Jakarta

Snowden: AS Sadap Komunikasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta (photo: rendezvous.blogs.nytimes.com)

Harian Australia, Sydney Morning Herald menulis  artikel bahwa Amerika Serikat melakukan penyadapan serta memonitor jaringan komunikasi dari fasilitas pengawasan elektronik di Kedutaan Besar dan Konsulat AS di seluruh Asia Tenggara dan Timur, termasuk di Jakarta. Informasi ini diperoleh dari pengakuan whistleblower Edward Snowden.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan protes keras terhadap penyadapan ini. “Indonesia tidak dapat menerima dan mengajukan protes keras terhadap berita tentang keberadaan fasilitas penyadapan di Kedubes AS di Jakarta,” kata Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa, menanggapi pemberitaan di surat kabar harian Sydney Morning Herald  Rabu (30/10/2013).

Marty mengaku sudah mengonfirmasi langsung pemberitaan tersebut kepada perwakilan Kedutaan AS di Jakarta. “Kami telah berbicara dengan Kepala Perwakilan Kedutaan AS di Jakarta untuk menuntut penjelasan resmi Pemerintah AS atas pemberitaan dimaksud,” papar Marty.

Menteri Luar Negeri, Marty M. Natalegawa Kecam Penyadapan AS (photo: Reuters)

Menurutnya, jika informasi ini benar, maka Amerika Serikat telah melanggar hukum serta melanggar etika diplomatik. “Perlu ditegaskan bahwa jika terkonfirmasi, tindakan tersebut bukan saja merupakan pelanggaran keamanan, melainkan juga pelanggaran serius norma serta etika diplomatik dan tentunya tidak selaras dengan semangat hubungan persahabatan antar negara, ujar Menteri Luar negeri Marty M. Natalegawa. (Merdeka.com).

Leave a Comment