Kapal Induk Ketiga China Bisa Jadi Bertenaga Nuklir

Konsep kapal induk China

Sebagaimana kapal induk kedua China yang merupakan kapal induk pertama dibangun di dalam negeri telah mendekati jadwal peluncuran, para pakar militer memprediksi bahwa kapal induk ketiga buatan China akan melakukan terobosan dramatis, seperti penggunaan tenaga nuklir dan kemampuan menggunakan peluncur elektromagnetik, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pakar militer Xu Guangyu memberikan perkiraan tersebut saat diwawancarai stasiun BTV.

“Kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri cenderung seperti Liaoning. Kapal ini akan bertenaga konvensional dan lepas landas menggunakan ski-jump, sedangkan kapal induk kedua kemungkinan lepas landasnya dengan ketapel… Yang ketiga, akan mendapat keuntungan lebih dengan terobosan besar dan bahkan mungkin bertenaga nuklir”, kata Xu Guangyu.

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian dalam pertemuan tanggal 30 Maret lalu, kapal induk pertama yang dibangun didalam negeri saat ini sedang dilengkapi dengan peralatan pendukung dan pekerjaan tersebut berjalan lancar.

Pakar militer telah sepakat bahwa desain independen dan pembuatan kapal induk mandiri telah menandakan kemajuan luar biasa dalam industri pertahanan China. Meskipun kapal induk tersebut bukan yang paling canggih di dunia, namun setidaknya memenuhi tuntutan kondisi nasional China.

“Pengembangan kapal induk mandiri China berjalan dengan lambat namun pasti. Mulai dari konstruksi platform hingga pelatihan personil, semuanya bertahap”, kata Xu.