Mau Kemana? USS Carl Vinson Terlihat Dekat Indonesia, Bukan Semenanjung Korea

Kapal induk Amerika Serikat, USS Carl Vinson di pelabuhan Busan, Korea Selatan pada tanggal 15 Maret 2017. © Yonhap

Kapal induk USS Carl Vinson seharusnya saat ini dijadwalkan menuju Semenanjung Korea pekan lalu untuk proyeksi kekuatan Pentagon, tetapi baru-baru ini terlihat menjelajah ribuan mil jauhnya, seperti dilansir dari Sputnik News.

Pada hari Selasa lalu, Menteri Pertahanan Amerika, James Mattis mengatakan di Pentagon, “Dia [USS Carl Vinson] dalam perjalanan kesana [menuju Semenanjung Korea] karena di situlah kami pikir pilihan yang paling bijaksana untuk dilakukan saat ini.”

Para pejabat Angkatan Laut Amerika Serikat berbicara dari Pearl Harbor dan Washington mengatakan kepada Defense News, “off the record” bahwa mereka terkejut saat mendengar laporan bahwa USS Carl Vinson berlayar menuju Semenanjung Korea, seperti diberitakan media, “kami tidak ada membuat pernyataan seperti”.

James Mattis juga mengatakan bahwa tidak ada sinyal permintaan khusus ataupun alasan mengapa kami mengirimnya kesana dan sekarang semua menduga-duga mengapa Mattis membuat komentar tersebut. Mengingat foto yang dirilis oleh Angkatan Laut AS pada hari Sabtu, menunjukkan kapal induk tersebut ada di Selat Sunda, sulit untuk melihat bagaimana Mattis bisa mengatakan yang sebenarnya minggu lalu tentang pergerakan USS Carl Vinson ini ke utara di Pasifik Barat.

Selat Sunda merupakan jalur perairan antara pulau Sumatera dan pulau Jawa yang berada di dekat Samudera Hindia. Jarak terdekat antara Selat Sunda dan Semenanjung Korea adalah transit melalui Laut China Selatan, tetapi masih akan melalui perjalanan panjang. Pejabat pertahanan mengatakan dibutuhkan antara 4-5 hari bagi USS Carl Vinson untuk melakukan perjalanan tersebut.

Selain itu, media Korea Selatan mengatakan pekan lalu bahwa 3 kapal induk AS yaitu USS Carl Vinson, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan telah diarahkan untuk berlayar menuju Semenanjung Korea, menurut laporan Zero Hedge.

Laporan media tersebut ternyata palsu, karena pejabat membantah bahwa USS Nimitz dan USS Ronald Reagan akan bergabung dengan USS Carl Vinson, menurut Defense News. USS Ronald Reagan saat ini sedang menjalani perawatan di sebuah pangkalan di dekat Tokyo dan USS Nimitz sedang berada di sekitar California Selatan.

Pada hari Selasa, sebuah laporan menunjukkan bahwa USS Carl Vinson diperkirakan tidak berada di dekat Semenanjung Korea setidaknya hingga akhir April.