Turki Berencana Produksi Massal “Altay” Bulan Depan

Tank tempur utama (MBT) Altay buatan Turki

SAKARYA – Menteri Pertahanan Turki, Fikri Isik mengatakan bahwa Turki akan memulai produksi massal dari tank tempur utama (MBT) Altay pada bulan Mei 2017, seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Berbicara dalam upacara pembukaan sebuah rumah sakit di barat laut Provinsi Sakarya hari Selasa (11/04/2017), Menteri Pertahanan Turki, Fikri Isik mengatakan bahwa tank tempur utama (MBT) Altay telah menyelesaikan semua tes dan dinyatakan lulus pada akhir Februari.

“Kami akan menekan tombol pada produksi massal di bulan Mei. Kami segera memberikan keputusan tentang produksi massal tank Altay pada bulan Mei 2017 jika tidak ada halangan” katanya.

Mengacu pada helikopter Atak buatan Turki, Fikri Isik mengatakan “Kami akan memberikan helikopter Atak ke-20 untuk Angkatan Bersenjata Turki di provinsi Konya Pusat”.

“Persenjataan pada helikopter Atak juga sebagian besar dibuat di dalam negeri. Kami telah menyaksikan helikopter itu menembakkan [persenjataan buatan Turki]”, ia menambahkan bahwa kemampuan untuk memproduksi helikopter sendiri adalah suatu kebanggaan bagi Turki.

Isik mengatakan bahwa Turki juga memproduksi senapan infanteri sendiri yang telah berhasil menyelesaikan 42 pengujian menurut standar NATO. Dia juga menambahkan bahwa saat ini Turki telah membuat drone, kapal perang dan satelit sendiri dan akan terus mempertahankan langkah untuk maju.