Helikopter UH-IH Yunani Jatuh, Empat Perwira Militer Tewas

Militer Yunani masih menyelidiki penyebab kecelakaan helikopter yang menewaskan empat perwira militer dan melukai satu perwira lainnya. Akibat kecelakaan yang menewaskan perwira tinggi militernya, Yunani mengumumkan hari berkabung nasional selama tiga hari.

Helikopter UH-1H Yunani jatuh di dekat desa Sarantaporo di Elassona, Yunani tengah, pada hari Rabu pagi, saat melakukan penerbangan patroli rutin, ungkap sumber militer Yunani. Penerbangan patroli secara rutin dilakukan sebagai bagian dari latihan untuk memantau perbatasan utara negara Yunani.

Masih belum diketahui penyebab jatuhnya helikopter Huey Yunani. Menurut pihak militer, Helikopter Huey yang jatuh masih sangat layak terbang dan tidak memiliki masalah teknis sebelumnya.

Helikopter UH-1H menghilang dari radar sesaat sebelum pukul 8 pagi, yang membuat pihak berwenang kemudian mengirimkan dua pesawat tempur f-16, tiga helikopter penyelamatan dan pesawat pemadam kebakaran CL-415 untuk mencarinya.

Kepolisian di daerah Sarantaporo melaporkan kecelakaan helikopter terjadi sesaat setelah pukul 10 pagi, disaat yang bersamaan aliran listrik didaerah tersebut mati, yang menimbulkan spekulasi akibat jatuhnya helikopter diakibatkan menabrak kabel listrik.

Pihak berwenang masih menyelidiki insiden tersebut, dan belum bisa meminta keterangan dari perwira yang selamat karena masih syok.

Secara terpisah Menteri Pertahanan Yunani, Kammenos mengecam Ankara setelah enam jet tempur Turki dituduh melanggar ruang udara Yunani di Laut Aegea setelahi insiden maut yang menewaskan empat perwira Yunani.