Rusia Mulai Uji Komputer Canggih Untuk Pilot T-50

Purwarupa jet tempur generasi kelima Su-57 Rusia. © Rulexip via Wikimedia Commons

Perusahaan Sukhoi telah mulai melakukan pengujian IMA BK (Integrated Modular Avionics of Combat Systems), sistem kendali intelektual canggih untuk pilot pesawat siluman pertama Rusia, Sukhoi T-50, seperti dilansir dari Defence Blog.

Menurut blog resmi United Aircraft Corporation (UAC), Sukhoi Company (anak perusahaan UAC) telah meluncurkan uji coba penerbangan jet tempur PAK FA dengan sistem komputer baru IMA BK (Integrated Modular Avionics of Combat Systems).

Pengembangan proyek ini telah dilakukan selama empat tahun terakhir. Sistem ini dirancang untuk menggantikan sistem komputer “Baguette”.

Integrated Modular Avionics of Combat Systems. © UAC Integrated Modular Avionics of Combat Systems. © UAC Integrated Modular Avionics of Combat Systems. © UAC

Dalam set avionik T-50 yang terintegrasi, komputer pusat ini mengendalikan sistem pesawat terbang, pengerahan persenjataan dan pertahanan diri serta memberi dukungan intelektual beragam untuk sang pilot.

Komputer utama akan berfungsi rangkap sebagai pilot elektronik, navigator elektronik dan insinyur penerbangan elektronik, melakukan identifikasi sasaran dan menentukan prioritas otomatis secara real-time, perencanaan rute secara optimal, dan optimalisasi penggunaan senjata dan pertahanan serta mengkonfigurasi ulang sistem jika terjadi kegagalan.

Sistem kendali mutakhir ini akan mengontrol hampir semua instrumen tempur utama seperti  radar, sistem navigasi dan komunikasi, sementara masing-masing sistem yang ada pada pada prototipe pesawat sebelumnya harus mengaktifkan komputer secara manual.

Perangkat lunak (software) komputer pusat tersebut berisikan lebih dari 4 (empat) juta baris kode, yang sebagian dikhususkan untuk mengendalikan pesawat dan mode pengolahan data terpadu yang akan ditambahkan kemudian.