Amerika Serikat Berkomitmen Lanjutkan Kerja Sama Keamanan dengan Indonesia

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berjabat tangan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael R. Pence (kedua kiri) didampingi istri Karen Pence (kiri) saat kunjungan kehormatan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4). Presiden Jokowi dan Wapres AS Michael R. Pence membahas kerja sama ekonomi bilateral, peningkatan kemitraan strategis antara Indonesia-Amerika Serikat serta isu-isu kawasan dan internasional yang menjadi kepentingan bersama, diantaranya masalah stabilitas kawasan Semenanjung Korea. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Wakil Presiden Amerika Serikat, Michael Richard Pence, mengatakan bahwa kemunculan dan penyebaran terorisme merupakan tantangan terbesar sehingga perlu kemitraan pertahanan yang lebih kuat dengan Indonesia untuk menghadapinya.

“Salah satu tantangan paling berat yang kita hadapi kini adalah kemunculan dan menyebarnya terorisme,” kata pria yang akrab disapa Mike Pence itu dalam pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis..

Pada kesempatan itu, Mike Pence juga menyatakan bangga menjadi salah satu mitra pertahanan yang paling tua dan erat bagi Indonesia. Terlebih di bawah Presiden Donald Trump, Amerika Serikat telah berkomitmen penuh untuk melanjutkan kerja sama di bidang keamanan bagi rakyat kedua negara.

“Presiden dan saya membicarakan, bagaimana sebuah peristiwa pengeboman yang tidak beradab di Jakarta yang mengguncang dunia terjadi pada Januari tahun lalu. Kami menyampaikan duka cita yang sangat mendalam untuk rakyat Anda ketika serangan ini memakan lima korban jiwa dan melukai lusinan lainnya,” katanya.

Menurut Pence, warga Amerika Serikat berdoa bagi keselamatan Republik Indonesia dan Amerika Serikat berdiri bersama Indonesia untuk mengutuk dan menghadapi aksi-aksi teror. “Kami juga akan terus bekerja bersama Indonesia mempertahankan ‘rule-based system’ yang menjadi fondasi bagi perdamaian dan kesejahteraan ASEAN “.

Sumber: Antara