Apr 222017
 

Freeport McMoRan’s Grasberg (Mining.com)

Jakarta – PT Freeport Indonesia (PT FI) akhirnya mengantongi Surat Persetujuan Ekspor (SPE) konsetrat yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan berlaku selama satu tahun hingga 16 Februari 2018.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk konsentrat tembaga sebesar 1.113.105 wet metric ton (WMT) telah dikeluarkan Jumat malam (21/4/2017), setelah Freeport Indonesia mengajukan permohonan pada 20 April 2017.

“Sudah keluar, kemarin,” ujar Oke, dalam pesan singkat yang diterima Antara, di Jakarta, Sabtu, 22/4/2017.

Freeport Indonesia akhirnya bisa mulai melakukan ekspor konsentrat sesuai rekomendasi dari Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 352/30/DJB/2017 tertanggal 17 Februari 2017.

Keluarnya SPE konsentrat tepat setelah Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence melakukan kunjungan ke Indonesia.

PT Freeport Indonesia mengajukan permohonan izin ekspor melalui Executive Vice President tertanggal 20 April 2017, namun kelengkapan dokumen baru diterima Kementerian Perdagangan secara daring pada 21 April 2017.

Permohonan dilengkapi rekomendasi dari Dirjen Minerba ESDM No. 352/30/DJB/2017 tertanggal 17 Feb 2017 untuk konsentrat tembaga berkadar minimum 15 persen dan berlaku satu tahun sejak rekomendasi diterbitkan yaitu sampai dengan 16 Februari 2018.

Selama 2016, Freeport Indonesia telah mendapatkan SPE untuk konsentrat tembaga pada 9 Februari 2016 sebesar 1.033.758 ton yang berlaku hingga 8 Agustus 2016. Kemudian SPE diberikan kembali pada 9 Agustus 2016 sebesar 1.429.098 ton dan berlaku hingga 11 januari 2017.

Sementara SPE pada 2017 baru dikeluarkan pada April dikarenakan pemerintah dan Freeport sedang berunding untuk kesepakatan peralihan kontrak dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Tercatat, realisasi ekspor Freeport Indonesia berdasarkan konsolidasi laporan surveyor tahun 2016 sebesar 1.172.410,90 ton dengan negara tujuan ekspor adalah Jepang, Korea selatan, Republik Rakyat Tiongkok, India dan Filipina.

Antara

Bagikan Artikel:

  191 Responses to “Freeport Dapatkan Izin Ekspor Konsentrat”

  1. Kurang ajar

  2. untuk me-legal-kan izin saja ..freeport sampai minta bantuan negaranya hingga wapres-nya didatangkan…lalu apa imbal bailknya bagi pemerintah dan rakyat indonesia khususnya papua…? ? ?

  3. Wkkwkk komeng apa lagi..

  4. Indonesia pasti diancam sama USA asu pas kemaren lewat selat Sunda sambil bawa rombongan kapal induk..

    • Oalah Yee yee Ternyata itu misinya ….juga hean Knp lewat Situ

    • Salah komandoi?? Mana mungkin!!!..
      Yg jelas itu jagain: jika pilkada jkt rusuh sekaligus jagain wapres usa yg datang.
      Indonesia menjawab : pameran pespur sukhjoi di halim (logikanya bgm sih? Kan habis unjuk hut Tni AU ???)

      Rusia menjawab: kapal perang di Philipina. Radius rudal ke kapal induk Amerika.

      Ujungnya: 86…..

  5. Wah, dikadalin lagi. Ekspor bahan mentah. . . . Inilah nasib jadi negara lemah, ga bisa mandiri.

    Coba kalo bisa diolah sendiri dan dikelola dng manajemen yg bagus. .

    Juga membuat rantai industri dari hulu kehilir yang kokoh. Pengolahan dari bahan mentah-> bahan baku-> barang jadi bisa dilakukan secara mandiri.

    Ga perlu bagi hasil dng perusahaan asing.

    Sumber Daya Alam pada hakekatnya adalah milik rakyat !!!

  6. Yaa pasti ada laa…pendapatan yang masuk ke negara khususnya ke papua… Asal mau ganti iupk… 52% saham akan di kuasai pemerintah. Sama kayak newmon… Jangan su udhon dulu.. Di lihat aja kelanjutannya…. Klou pemerintah sampai gagal mengganti dr kk ke iupk. Kita demo lagi hahahahahah…. Bohong berarti dan takut sama amirika wkwkwkw….

  7. Kurang tegas mengecawakan

  8. Dalam hukum Islam, SDA itu hukum asalnya adalah milik rakyat. . . maka keuntungannya dikembalikan ke rakyat.

    Bukan menyerahkan kepemilikan ke asing (bagi hasil). Kalaupun ga bisa kelola sendiri, asing cuma dibayar karena jasa, bukan bagi hasil ( idealnya).

    Masa sih org Indonesia ga bisa olah sendiri itu tambang ???

  9. memalukan

  10. Penonton kecewa kesekian kalinya!ha3. Klu UUD45 dan Pancasila benar2 dilaksanakan pasti negara maju rakyat sejahtera!

  11. smelter nya jadi bikin om ?

    • semoga ngga bikin smelter. klo dibuat smelternya tanda2 bakal diperpanjang kontraknya 20 thn lagi. CMIIW

      • iya juga yah

      • justru karena dia bangun smelter dikasih izin ekspor, bukan hanya freeport saja tetapi beberapa komoditas tambang lainnya, kalo sdh IUP itu sahamnya 51 % harus di Indonesia, dinegara lainpun orang memakai skema bagi hasil bagi investor yg masuk, selama ini kan rejim orde baru yg memasukkan freeport dan bebrapa perusahaan asing lainnya, langkah maju bagi indonesia ya karena sudah berani mengganti izin KK menjadi IUP, mana ada yg berani sebelum ini ? kebanyakan mental korup dan minta jatah, kalo pun diperpanjang bagian 51 % milik orang Indonesia, belum termasuk nilai tambah yg dihasilkan dengan adanya smelter dan sektor tenaga kerja

  12. Wuih mantap… pemerintah hebat !!

  13. Pemerintah dodol ,penuh intrik ,digoyang goyanng letoi

  14. Ini mah trik pemerintah aja, biar dibilang berani sebelumnya, biar didukung wong licik, trus akhirnya sami mawon wakakakakaka jok jok….

  15. No Comment Klau Dah Kaya Gini… 👿

  16. koq bisa??? coba tanya riza chalid kenapa??

  17. Imbal balik nya di kasih beli alusista yg lumayan canggih ..
    Di teken sedikit biar urat” ga pada tegang ..

  18. Komen apa ya. Ngelus dada aja dah. Semoga negara lebih diuntungkan kedepannya. Dan pemerintah lebih mementingkan kepentingan/kesejahteraan rakyat.

  19. raptor 2 ska…..wkwkwk ngehayal xixixi

  20. Koar2 d media bilang klo freport bisa d tekan pemerintahan jokowi, nyaranya smelter g d bangun2.. boss amerika dtg lngsung deh keluar ijinnya. Oh Negaraku..

    • sdh buat semelter di gresik bung.

      • Yg bener.? Coba dicek lg itu punya siapa.?

      • Lebih baik kita tidak berburuk sangka dulu terhadap pemerintah.
        Akan lebih baik jika kita sama2 mendoakan agar apa yg menjadi keinginan pemerintah bisa terwujud dan tdk saling merugikan kedua belah pihak. Dan yg lebih penting lg dng keluarnya ijin ekspor maka ada devisa masuk ke kas negara yg makin menipis. Sehingga pembangunan bisa berjalan sesuai target pemerintah.
        Ingat…..kita perlu 200 T/thn utk anggaran militer yg diagendakan. Supaya bisa beli alutsista yg gahar. Spy kemandirian alutsista segera terwujud. Gak perlu dipolemikkan masalah ijin Freeport ini. Pemerintah butuh dana utk membiayai pembangunan. Klo masih dipolemikan nanti bakal kesalip lg kita dng negara2 tetangga.
        Ayo kerja…kerja..kerja….sebentar lg gajian….xixixi

      • Anda jg jng jd kompor bung. Mending diam kalo gak paham benar asal muasal keberadaan freeport. Dr pd jd fitnah nantinya.
        UU IT makin kejam lho bung. Jd jng sembarangan sebar berita, nanti bakal repot berurusan dng pihak berwajib.
        Biarkan pemerintah bertindak, apa yg terbaik bg masa depan freeport dan masyarakat di sana kelak

  21. Yah asalkan kesepakatan sdh d penuhi saja … Dan perlu klarifikasi dr pemerintah…

  22. Kecewaa.. saya kira bpk presiden jokowi mampu lebih berani daripada sblmnya.. ternyata mrk d “LIGA’ yg sama cuma cara maennya yg bedaa

    • Anda korban pencitraan dari media2 mainstream yg sdh dikontrak . Justru itu yg lebih menyesakkan dada bung. Pemerintah ini Gaya sama koar2nya aja yg gede nyatanya kaya krupuk jg mentalnya bahkan mngkin lbh parah.

  23. bener2 muak sy bacanya.. marah kesel ..letoy ..petoy.. g ada ketegasan… terlalu banyak sandiwara busuk…maaf ane lg kesel..

  24. Jangan jadi guooblok.. Pada awal april status IUPK sdh diberikan sementara sampai okt 17 bg PTFI sehingga bisa beroperasi dan mengekspor konsentrat dengan membayar bea yg sesuai aturan. Rajin rajin baca berita dulu, baru ngemeng

  25. Pemerintah dikalahkan kapitalis lg

    • sejak kapan kita tdk di kalahkan oleh kapitalis bung….
      orang kapitalis itu pinter2
      spt kita kebanyakan pinter tapi minteri

      • Anda termasuk kriteria yg mana, bung zain.?

        • adalah lbh baik jd warganegara biasa yg ngerti aturan hukum bernegara, dr pd jd pejabat yg pandainya korupsi, sepandai2nya kita berdebat dan berbicara tapi klu kita sama2 datang dr negara yg sebagian besar masyarakat kita msh rapuh secara ekonominya ya muspro jg bung,klu anda ini orang ausi,new zealand atau orang singapur dll yg sdh sukses, ya sdh pasti sy percaya dan sy dengar omongan anda, la wong anda dan sy sm datang dr bangsa yg msh serbah pas2an apa perluh kita bergaya pintar,sebuah bangsa sukses itu di nilai sebagian besar dr segi ekonominya, klu ekonomi jeblok terus pandainya debat kusir sj ya bisa kita di ketawain negara2 yg sdh maju.

  26. Hebat Freeport…salut saya…..lah wong ngurus surat domisili saja sampai 3 hari….. Ini Surat Ijin Export cuma sehari….masuk ..20 April…release 21 April….apa pada lembur semua PNS kemendag…salut..salut….dengan pegawai Indonesia terhadap Freeport….

  27. TURUNKAN HARGA TIKET MASUK KOMEN
    MELON KOMEN BOLEH
    KOMEN SAYA NGEWEH

  28. Salam Gigit Jari … !

  29. TURUNKAN HARGA TEJAS MARK-1A

  30. Preeet

  31. jika sampai perpanjangan izin konsentrat diteruskan dgn gagalnya perundingan divestasi saham maka apa yg dikatakan Allan Nairn lewat The Intercept yg didukung data bocoran whistleblower Edward Snowden dan Wikileaks sedikit demi sedikit tabir konspirasi dan kongkalikong mulai terkuak kebenarannya bahwa….

    REFORMASI 1998 TIDAK PERNAH TERJADI

    ular yg membelit ibu pertiwi tidak berkepala satu, melainkan puluhan dengan nafsu makan yg berbeda

  32. Selamat mlm bung diego lembur sampai pagi kwkwkwkwkwk(mlm minggu)

    • bung jembling .skrg lg g ada tuh malming soalnya para jomblo lg exsis dengan kesendiriannya dan yg punya istri lg pada di punggungin alias libur jatah…hahaha piiss ah

  33. Semoga jadi pelajaran untuk yang kesekian kalinya ..bahwa negara yang kuat dari segi ekonomi dan militernya mampu mempertahankan kedaulatan bangsanya.

  34. untuk diperhatikan,, kenapa bisa terjadi!??

    karena freeport Indonesia sudah mau berubah dari KK ke IUPK selama sementara 8 bulan..
    karena sudah berstatus IUPK Pt. FI berhak mendapatkan izin konsentrat terbatas.
    ini kemenangan negosiasi Indonesia.. jadi harap komentar galaknya ditahan..
    selama 8 bulan ini negosiasi lanjutan terus dijalankan,, dengan Indonesia tetap pada pendiriannya.
    Menteri Jonan tak main main kerjanya,.. salam sehat semua!!

    • ya semoga bung
      juga semoga apa yg dikatakan A**an N***n dlm The Intercept ttg freeport dan politik di belakangnya tidak menjadi kenyataan dgn gagalnya divestasi saham di kemudian hari
      Terima kasih sudah mau menjawab pertanyaan saya meski pertannyaannya gak muncul2

      • @anu

        Allan Naim ini siapa bung…apakah masih ada hubungan kekerabatan dg Bahlul Naim?

        • tulisan bung jim untuk namanya salah sedikit..
          dia itu yg menulis tentang politik belakang layar yg dibentangkan di bawah tanah tanpa lampu di Indonesia… berdasarkan investigasinya dan bocoran Edward Snowden.

          pergerakan2 pion dalam 8 bulan ini, dan manuver elit..
          saya tak sanggup memahami jernih, karena tak tau mana yg harus dipercaya.. sekelas Jenderal pun akan sulit..

          • Allan N@irn

          • itulah bung sya pribadi menerapkan haluan politik tengah (centrist) utk politik pusat semenjak memperoleh hak memilih
            rasa2nya Reformasi 1998 yg di perjuangkan generasi sebelum sy tidak pernah terjadi
            konflik politik dan idealisme para jenderal dan elit2 politik sipil masih terus berlanjut.
            hukum SARA utk meredam perpecahan bangsa kini dijual murahan.

          • terjadi bung,, saya kira di beberapa aspek terjadi. bahkan untuk kebebasan berorganisasi malah kebablasan,, dibuktikan dengan ormas anarkis bisa eksis..

            untuk kebebasan pers juga kebablasan,,, di segmen televisi dan berita online malahan lebih banyak opini daripada fakta. mengarahkan opini publik ke arah jalan politiknya…

            kekuatan dana dari jaman orde baru benar2 besar, reformasi berhasil tetapi mereka tumbuh lagi.. bisa dilihat hari ini,, ketidaknyamanan pejabat korup terhadap sistem transparan martir martir bangsa.

          • @jimmy sulipan

            Saya cedal bung…susah ngucapin el…el…elllllll, tuh kan…

      • pertanyaan apa?

  35. Uaaa..ga..segampang itu..coy persoalan.y rumit.emang sudah perjanjian dari dulu waktu sukarno merebut irian dari belanda ada campur tangn AS untuk menyuruh belanda mundur.dan AS sudah melakukn survei d papua ter dpt kandungn emas yg besar jadi negara kita seperti makan buah simalakama..pahit semua pilihan..ibart kata AS lu..izin kn saya kuasai sedikit tanah papua atau lu..kehilangn seluruh tanah papua..rumit bro..yg punya solusi monggo d babar..ojo cemumut2..doang

    • Saya tdk mengerti.

      kesepakan dgn AS? Lah memangnya Freeport mulai mangkal di papua pada jaman siapa? Rezim siapa? Soekarno kah? Atau soeharto?. Lalu belanda minggat dari papua pada tahun berapa? Tahun 1962an kan? Itu jaman soekarno kan? Jika memang ada kesepakatan antara soekarno-AS, harusnya Freeport mulai mangkal di papua pada jaman soekarno dong? Tapi kenapa tdk? Malah mulai mangkal pada jaman soeharto.

    • Jangan salah bung. ASU mendesak Belanda hengkang dari Papua karena Indonesia lebih kuat dari sisi militer dgn senjata2 kelas wahid dari Soviet. Asu juga punya tujuan licik dgn membidik emas Papua, disangkanya Sukarno bisa dibujuk untuk memberikan izin pengelolaan papua pasca hengkangnya Belanda. Tapi ternyata Sukarno mengetahui akal bulus ASU tsb, beliau sama sekali tak menggubris bujukan tsb. Itulah Sukarno sang proklamator presiden pertama kita, tak pernah takluk dan takut dgn negara manapun. Selalu membela kepentingan rakyat tak hanya beretorika. Sayangnya presiden2 setelah beliau tak pernah bisa meniru beliau.

      • bung aweawe @ komen anda ada benarnya.
        tdk semudah membalikkan telapak tangan.kita berhadapan dgn siapa? ini asu loh negara sumber penyakit no 1 di dunia. kita tdk takut tapi politik adu dombanya tiada batasnya selagi negara asu msh wujud. pemerintah jelas mengambil kebijakan untuk menghindar dr kesan buruknya secarah jangka panjangnya.

  36. Rumit..broo..seperti buah simalakama ini menyangkut..AS dan sekutu.y…ibarat kata..lu biarin ambilsedikit tanah papua atau lu..mau hilang tanah papua semua.y..baca sejarah..

  37. xixixi … itu lah manfaatnya punya carrier apalagi lengkap punya ICBM … bikin merinding trus gemeteran deh

  38. Test…

  39. Test

  40. klo ingin benar benar lepas dari cengkraman AS ya harus punya ICBM, SU 35,DESTROYER, DAN LONTONG 100 BIJI

  41. bikin smelter artinya siap-siap sampai 2041 …

  42. Test……

  43. Saya yakin pasti pemerintah tidak gegabah mengeluarkan ijin ekspor tersebut. Mungkin trik yg dilakukan adalah lepas kepalanya tapi tahan ekornya. Silahkan ekspor kamu untung saya juga. Tapi inget loh divestasi sahamnya. Bangun smelternya dan tot pesawat f35 nya wkwkwkwkw mabok aibon

  44. http://m.tribunnews.com/nasional/2017/04/22/jet-tempur-f-18-amerika-serikat-jatuh-di-laut-sulawesi emg dibolehkan latihan terbang & manuver selama berada d perairan Indonesia?

  45. sampai berjumpa lagi … tahun 2041 !

  46. Tes

  47. namanya aja maklampir, besok jangan pilih siapapun dari partai maklampir.
    bisanya ciuman pencitraan negara di gadaikan.
    semoga maklampir di hajar habis sama pakbrowo

  48. Bung diego jgn jadi provokator di sini,ambil artikelnya cuma sepotong2,saya tdk membela jokowi…kemarin wapres JK menjelaskan di metro tv kl perpanjangan izin eksport konsentrat freeport diperpanjang setahun karna memikirkan gejolak ekonomi yg terjadi di papua,selama pelarangan izin eksport konsentrat terjadi perumahan ribuan karyawan,geliat ekonomi berhenti,agar geliat ekonomi berjalan lg maka diberi kesempatan freeport eksport selama setahun…selama izin eksport konsentrat berjalan,pembicaraan mengenai divestasi saham 51%,pembangunan smelter dan peralihan izin dari KK ke IUPK tetap berjalan…saran buat bung diego hendaknya membuat artikel berdasarkan berita yg lengkap jgn setengah2 biar tdk ada gejolak di antara forumer JKGR…terimakasih

  49. INDONESIA bertulang keropos
    setelah rezim saat ini menggunakan kekuasaan untuk kepentingan2 kelompoknya sehingga berkurangnya kepercayaan rakyatnya, USA dgn CIAnya mengetahuinya
    dengan sinyal AMERIKA yg mengadakan penyelidikan surplus perdagangan RI(ekonomi), merupakan salah satu alat penekan kebijakan dan kekuasaan bukan dengan senjata dan rudal karena AMERIKA tahu tidak mungkin menekan INDONESIA dengan hal itu(asimetris)

    Seandainya Presiden RI lebih independen tanpa pasung sebagai pesuruh partai, pasti tentunya dia lebih bisa menegakkan hukum dan Undang2 dan tentunya kepercayaan beserta dukungan Rakyat Indonesia selalu bersamanya tanpa ada kekhawatiran kehilangan kursi Presiden

    • @dult ….mana bisa seorang presiden bisa memuaskan seluruh warga masyarakatnya, itu pendapat anda tp pendapat orang lain bedah lagi, tdk usah pesimis kita lihat sj nanti.

  50. ya sepadan lah dgn 130t yg masuk dr investor asu,anggep aja ane bego beneran klo itu gak ada kaitanya ame pispot, xixixix

  51. Berita artikel ini tdk lengkap

  52. indonesia harus punya kesiagaan penuh misal tambang kita gagal negoisasi dan kita telah siap dgn alutsista gentar gahar canggih dan buanyak utk memagari kokoh nkri semisal mereka mengirim kapal induk mereka ingatlah amerika selalu mengirim kapal induk mereka sebagai alat diplomasi utk menggertak negeri lain, alutsista gahar rudal pertahanan jarak jauh sedang dekt suatu kebutuhan yg tk boleh di tawar lagi, tunjukkan kepada ameriki kita tegas berdaulat tak bisa diatur2, maunya kita….. tapi kmrin pas lihat cara secret service masuk istana spertinya kita cuma dianggap negeri lemah saja…coba temen2 liat secret service pas wapres pence dtg, sungguh saya geram masa masuk istana mereka seenak udelnya, paspampres dn tim protokol negara seakan lembek….kecewa bener liatnya

  53. sekedar sharing aja..
    pemberian ijin ini adalah hasil dari kesepakatan win-win solution.
    untuk di ketahui bahwa negosiasi freeport dan pemerintah dijadwalkan selama 8 bulan. pada stage pertama negosiasi tentang permintaan pemerintah merubah kk ke iupk, divestasi saham 51% kpd pemerintah serta komitmen pembuatan smelter.

    bila point2 ini tidak di sepakati oleh freeport maka negosiasi tidak akan berlanjut ke stage selanjutnya. setelah melewati negosiasi yg alot serta melihat kesolidan pemerintah serta stabilitas keamanan yg kuat maka dgn terpaksa freeport menerima permintaan pemerintah.

    sebagai imbalannya pemerintah memberikan ijin eksport konsentrat mentah tetapi akan di evaluasi kembali enam bulan mendatang.

    yg pasti saham 51% sudah di amankan pemerintah tinggal masalah teknisnya.
    buat para warjager hati2 terhadap provokator yg berusaha mengaburkan fakta yg sebenarnya. dan freeport juga ikut nanam saham pada demo2 besar kemarin di jakarta.

 Leave a Reply