Rusia Publikasikan Markas Militer di Alexandra Land

Pangkalan militer canggih yang disebut “Shamrock Arktik”. © Menhan Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menerbitkan gambar-gambar kompleks militer di Pulau Alexandra Land di Kepulauan Franz Josef, yang telah menjadi bagian dari pangkalan militer yang berada dibelahan bumi paling utara yang disebut sebagai Shamrock Arktik dan dihadiri oleh 150 tentara, termasuk beberapa dari unit pertahanan udara Armada Angkatan Laut Utara Rusia, seperti dilansir dari Gazeta.ru.

Narasumber yang dekat dengan program Arktik Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada Gazeta.ru bahwa masalah sistem keamanan yang dihadapi oleh Angkatan Darat Soviet saat membangun pangkalan di wilayah Utara telah diperhitungkan saat membangun markas Shamrock Arktik .

Situs Kementerian Pertahanan telah menerbitkan sebuah “tur virtual” untuk mengeksplorasi pangkalan militer di belahan bumu paling utara yang dibangun pada tahun 2016 lalu untuk mengakomodasi pasukan pertahanan udara Armada Utara Rusia.

Infrastruktur pangkalan militer terdiri dari berbagai bangunan khusus serta pusat kontrol, tempat parkir kendaraan, unit pembangkit listrik mandiri dan depot serta gudang khusus, semuanya merupakan fasilitas akses terbatas, menurut kantor pers kementrian pertahanan.

Gambar-gambar yang ditunjukkan, semua demi kenyamanan pasukan yang bertugas di sana dengan fasilitas perumahan empat lantai dalam bentuk semanggi yang dicat dengan warna bendera Rusia.

Pangkalan militer canggih yang disebut “Shamrock Arktik”. © Menhan Rusia.

Kamp tersebut termasuk unit pembangkit listrik yang terdiri dari sebuah boiler, pembangkit listrik dan lahan bahan bakar, terdapat pool motor dengan beberapa layanan, tempat parkir dan perbaikan. Disana juga dilengkapi dengan sebuah pusat pemurnian air, fasilitas pengolah air limbah, fasilitas pembuangan sampah, depot bahan bakar, minyak pelumas (POL) serta sebuah tempat pengisian bahan bakar.

Tur virtual tersebut untuk membiasakan diri dengan barak, ruang mess perkantoran, ruang olahraga, bioskop/aula konser, atrium, perpustakaan, konservatori dan unit medis. Ada juga stasiun pompa di pesisir pulau Alexandra Land, yang memungkinkan pasokan bahan bakar dari kapal tanker dan di transfer ke depot POL.

Militer berjanji untuk menghubungkan semua bangunan yang ada disana sehingga pasukan yang bertugas dapat bergerak tanpa harus pergi ke luar ruangan pada musim dingin.

Rilis berita dari Kementerian Pertahanan menambahkan bahwa Shamrock Arktik dirancang untuk beroperasi secara mandiri dan memberikan akomodasi yang nyaman kepada 150 tentara yang bertugas disana selama 18 bulan.

Suhu sekitar di Kepulauan Franz Josef Land pada titik terendah adalah -40 °C, sementara suhu terpanas, ada pada bulan Agustus yang  rata-rata sekitar 2,5 °C.

Menurut militer, Shamrock Arktik adalah satu-satunya fasilitas permanen pada 80° Lintang Utara. Gambar instalasi tersebut cukup baik terlebih lagi bahwa itu terletak pada tumpukan salju karena penggalian fondasi dilapisan permafrost tidak mungkin dilakukan.

Luas majemuk melebihi 14.000 meter persegi. Elemen divisi pertahanan udara Armada Utara mendirikan workshop dan terus bertugas di Alexandra Land sejak bulan November 2014. Pasukan tersebut telah diakomodasi dalam kompleks sementara waktu, selama proyek untuk pembangunan konstruksi Shamrock Arktik dilaksanakan.

Lokasi Pulau Alexandra Land. © Google Maps

Untuk saat ini, satu-satunya perangkat keras militer yang tertangkap oleh lensa pada instalasi militer di pulau itu adalah radar mobile P-18 Terek. Terek P-18 adalah radar pengawasan wilayah dengan pita frekwensi VHF dua dimensi.

Perhatian khusus dari Kementrian Pertahanan Rusia ditujukan untuk memberikan sistem penanggulangan kebakaran selama pembangunan fasilitas di pulau Alexandra Land, karena anteseden di era Soviet telah mengambil sejumlah pelajaran yang menyakitkan dari Modul khusus Arktika.

“Mereka dibuang, karena sebagian telah terbakar, salah jika memiliki semua infrastruktur, termasuk gardu listrik, sejumlah drum dan diesel, disimpan di bawah atap yang sama. Ketika terjadi arus pendek, seluruh struktur akan terbakar dalam 15 menit”, kata sumber tersebut.

Menurut sumber kantor berita online Gazeta.ru, bangunan yang membentuk Shamrock Arktik telah didirikan dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak mudah terbakar, dan letak depot POL, rumah boiler ouse dan fasilitas teknis lainnya telah didirikan di gedung yang berbeda (terpisah).