Pengujian Sistem S-350 Vityaz Akan Selesai Tahun 2017

Sistem pertahanan udara S-350 Vityaz. © Wikimedia/Vitaly V. Kuzmin

Uji sertifikasi pemerintah terhadap sistem pertahanan udara S-350 Vityaz akan selesai pada akhir 2017, menurut kepala perancang Almaz-Antey Air & Space Defense Consern pada hari Senin, seperti dilansir dari TASS Defense.

“Tes sertifikasi pemerintah akan dilakukan sampai akhir tahun ini. Uji coba peluncuran awal sedang berlangsung”, katanya dalam sebuah wawancara dengan majalah National Defense.

Radar dan sistem kontrol penembakan telah diuji coba secara penuh tanpa adanya keberatan mendasar. Pengujian masih terus dilakukan pada sistem canggih S-350 Vityaz, yang akan menggantikan baterai pertahanan udara S-300PS yang ada saat ini.

“Selama periode waktu yang tersedia diperlukan statistik peluncuran tempur dan intersepsi target nyata dalam berbagai kondisi manuver yang akan dikumpulkan”, kata Sozinov.

S-350 dibangun menggunakan radar AESA canggih terbaru dan kendaraan komando baru. Sebuah baterai S-350 standar akan mencakup kendaraan komando, dua buah radar dan delapan kendaraan peluncur. S-350 menggunakan pemandu radar aktif, kemampuan pencegat “hit-to-kill” sama seperti sistem pertahanan udara S-400 dan dapat menyerang target pada ketinggian 75 mil (lebih 120 km). Sistem S-350 dapat menyerang 16 target secara bersamaan dengan total 32 rudal pada satu waktu.