Mengapa Malaysia Tidak Tertarik dengan Su-35 dan Su-34?

Su-35 (Photo: wikipedia)

Dalam wawancara antara Direktur Kerjasama Internasional dan Kebijakan Regional Rostec, Victor Kladov dengan media Ria Novosti, sedikit terungkap bocoran mengapa Malaysia tidak memilih pesawat tempur Su-35 ataupun Su-34.

Menurut Victor Kladov, Angkatan Udara Malaysia lebih menyukai pesawat tempur dengan kursi ganda seperti yang dimiliki Su-30MKM.

Menurut doktrin dari AU Malaysia, dengan kursi ganda, satu pilot dapat berkonsentrasi pada sistem navigasi dan persenjataannya, sedangkan pilot yang lain bisa lebih fokus pada pengendalian pesawat.

Padahal pesawat tempur modern kini sudah lebih terkomputerisasi dan lebih memudahkan penanganan oleh satu pilot saja, namun menurut Victor Kladov, Malaysia tetap tidak menerimanya. Itulah sebabnya Malaysia tidak menjadikan Su-35 sebagai pilihan dalam program MRCA (Multi-role Combat Aircraft).

Termasuk ketika disodorkan pesawat pembom Su-34, dimana menurut Victor Kladov, Malaysia belum membutuhkan tipe pesawat pembom tempur dengan kemampuan muat senjata yang sangat besar, dan Victor meyakini Malaysia tidak akan menjadikan Su-34 sebagai pilihan untuk saat ini.

Ria Novosti / Defencestudies