Bantuan Senjata Rusia Untuk Pasukan Pertahanan Udara Mongolia

Mongolia telah meminta Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan bantuan dalam mempersenjatai pasukan pertahanan udara dengan persenjataan modern, menurut Menteri Pertahanan Mongolia Badmaanyambuugiin Bat-Erdene setelah bertemu dengan rekannya dari Rusia Sergei Shoigu pada hari Selasa (25/04/2017), seperti dilansir dari TASS Defense.

“Saya telah memberi tahu Menteri Pertahanan Rusia bahwa kami telah mengembangkan dasar-dasar kebijakan pertahanan Mongolia, paket undang-undang tentang pertahanan telah diadopsi dan tugas-tugas spesifik Angkatan Bersenjata Mongolia telah ditetapkan”, kata Menteri Pertahanan Mongolia, Badmaanyambuugiin Bat-Erdene.

“Mengingat akan hal ini, kami telah meminta kepada pihak Rusia agar bersedia memberikan dukungan untuk membesarkan dan memperkuat Angkatan Bersenjata Mongolia, khususnya pasukan pertahanan udara yang baru dibentuk”, tambah Bat-Erdene.

Seperti yang dikatakan Menteri Pertahanan Mongolia, Rusia memberikan dukungan dalam melatih militer Mongolia. Sekitar 350 personil militer dari Mongolia sedang belajar di 20 institusi pendidikan tinggi militer Rusia sesuai persyaratan preferensial atau gratis.

Delegasi yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Mongolia telah tiba di Rusia untuk hadir dalam konferensi Moskow ke-6 tentang keamanan internasional yang dimulai pada 26 April lalu. Selama konferensi tersebut, Menteri Pertahanan Rusia Jenderal Sergei Shoigu, serta kepala Dewan Keamanan dan Kementerian Luar Negeri Rusia akan menguraikan visi Rusia tentang situasi internasional dan penyebab mengapa situasi ini menjadi kurang stabil.