Panglima TNI, Pesawat Sukhoi dan Oerlikon SkyShield

Pidato Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di di Lanud Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan, (27/4/2017).

Makassar – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, prajurit TNI merupakan orang-orang yang luar biasa, karena prajurit TNI mampu melaksanakan pengabdian melebihi panggilan tugas. “Siapa pun kamu, apapun pangkat dan jabatanmu, tanamkan pada dirimu untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik demi bangsa dan negara yang sangat kita cintai,” ujarnya saat memberikan pengarahan dihadapan 1.500 personel TNI AD, AL dan AU, di Lanud Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan, (27/4/2017).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengingatkan, setiap prajurit TNI harus pandai bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena apa yang didapat sekarang ini atas rahmat dan karunia-Nya. “Kamu menjadi prajurit TNI adalah luar biasa, kamu memiliki satuan juga luar biasa, dan kamu semua adalah manusia-manusia luar biasa,” ucapnya.

Pidato Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo diapit pesawat tempur Sukhoi dan Oerlikon Skyshield

“Itu yang harus kalian syukuri setiap saat, kalian bisa menjadi luar biasa itu bukan karena dirimu, tapi kamu bisa seperti ini karena dibelakangmu ada orang tua, istri atau suami dan anakmu yang selalu berdoa untuk dirimu,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI mengatakan prajurit yang mempunyai disiplin, dedikasi dan loyalitas yang tinggi harus selalu dilindungi dan dijaga dari pengaruh oknum prajurit yang suka melanggar, agar TNI selalu dipandang positif oleh masyarakat luas. “Tidak ada toleransi bagi prajurit yang melanggar hukum, pasti akan ditindak,” tegasnya.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan, apabila prajurit TNI yang mengawaki Alutsista dan mengkonsumsi Narkoba maka akibatnya akan lebih fatal, terutama bila yang bersangkutan melaksanakan latihan tempur maupun operasi. “Bila kalian mengawaki Alutsista pada saat melaksanakan latihan tempur maupun operasi, akan berakibat fatal bila kalian dipengaruhi Narkoba,” katanya.

“Siapapun yang terlibat narkoba pasti akan saya hukum dan dipecat, karena saya harus menjaga prajurit-prajurit yang memiliki loyalitas dan disiplin tinggi,” tegas Panglima TNI.

Sambutan prajurit Lanud Hasanudin Makassar terhadap kedatangan Panglima TNI, terlihat unik dan spesial. Jenderal Gatot Nurmantyo pidato di podium yang diapit pesawat tempur Sukhoi dan sistem pertahanan udara Oerlikon Skyshield 35mm, perisai pertahanan pangkalan udara (Lanud) Hasanuddin.

Puspen TNI