Perairan Timika Bebas dari Kapal Asing

Armada Koarmatim (credit photo : NKRI / Defence.PK)

Timika – Perairan Mimika, Papua bebas dari kapal asing penangkap ikan. Hal ini dinyatakan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika, Letkol (P) Yosafat Indarto, Sabtu, 29/4/2017.

Dia mengatakan sejak diberlakukannya moratorium kapal asing penangkap ikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, perairan Mimika bebas dari kapal asing.

TNI AL di Timika rutin melakukan patroli dan pengawasan meski telah ada moratorium untuk memastikan perairan Mimika benar-benar bersih dari kapal asing.

“Untuk pengawasan perairan di wilayah Mimika kita selalu bekerjasama dengan instansi-instansi terkait seperti Shabandar, SDKP dan Polairud,” ujar Letkol Yosafat.

Selain melakukan patroli rutin oleh tim pengawasan, Lanal Timika juga menempatkan dua personil TNI AL di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI), Pomako.

Dalam menjaga keamanan di perairan selama patroli tim Lanal Timika tidak sampai ke tengah laut, sebab sudah ada kapal-kapal dari pusat yang melakukan patroli hingga perbatasan Australia.

“Kita dari tim pengamanan untuk perairan sudah sepakat agar perairan kita tidak boleh lagi ada kapal-kapal asing dari luar masuk tanpa sepengetahuan atau ijin kita,” ujanya.

“Kita juga sering memberikan dan menerima informasi dari nelayan-nelayan kita. Apabila melihat ada kapal asing berada di perairan kita, maka akan ditindak tegas, ujar Letkol (P) Yosafat Indarto.