Rusia Gusar Pertahanan Peluru Kendali AS Semakin Dekat

Pertahanan Peluru Kendali AS THAAD akan dipasang di Rumania dan Polandia (Ralph Scot / U.S. Department of Defense)

Moskow – Pengerahan sistem pertahanan peluru kendali balistik AS di Rumania dan rencana menempatkan lebih banyak lagi sistem serupa di Polandia dapat melanggar perjanjian senjata yang ada, ujar pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, 29/4/2017.

Amerika Serikat membangun sistem pertahanan peluru kendali senilai 800 juta dolar di Rumania hampir setahun yang lalu dan berencana untuk menciptakan sistem pertahanan serupa di Polandia yang dianggap penting untuk pertahanan AS dan Eropa. Pada 2016, Kremlin mengatakan kebijakan AS itu ditujukan untuk menumpulkan senjata nuklir Rusia.

Kementerian luar negeri Rusia mengatakan pada 29/4/2017 bahwa rencana AS tersebut telah melanggar Perjanjian Nuklir Jangka Menengah (INFT) yang ditandatangani oleh Washington dan Uni Soviet pada akhir 1980-an dalam upaya untuk menghentikan penggunaan nuklir dan peluru kendali jarak pendek dan menengah.

“Fakta yang tak terbantahkan adalah bahwa hal ini merupakan pelanggaran berat terhadap perjanjian INFT,” kata kementerian tersebut di laman situs mereka.

Antara / Reuters