DAPA-Kemhan, Bahas Program Pesawat Tempur KF-X / IF-X

Desain Pesawat Tempur KFX/IFX (istimewa)

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan RI) Laksdya TNI Widodo menerima Direktor General KF-X Program Group, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan, Jung Kwang-Sun beserta Delegasi (DAPA) Jum’at (28/4/2017) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Direktor General KF-X Program Group, DAPA Korsel, menyampaikan perkembangan proyek kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X antara Indonesia dan Korea Selatan. Meskipun dalam perjalanannya terdapat berbagai permasalahan, namun dijelaskannya sejauh ini permasalahan-permasalahan yang ada dapat diatasi bersama.

Pemerintah Korea Selatan berkomitmen untuk memastikan proyek kerjasama dapat terus berjalan dengan baik. “Kedua negara telah sepakat untuk menyelesaikan permasalahan – permasalahan dengan kerja sama yang baik antara kedua pihak”, ujar Direktor General KF-X Program Group, DAPA Korea Selatan.

Kunjungan DAPA Korsel ke Kementerian Pertahanan RI, bahas perkembangan program pesawat tempur KF-x/IF-X (Kemhan)

Pemerintah Korea Selatan sangat mengerti apa yang menjadi kebutuhan dari Pemerintah Indonesia dalam proyek pengembangan Pesawat tempur IF-X. Karena itu apapun yang ingin dicapai Indonesia, pihak Korea Selatan akan membantu dan mendukung semaksimal mungkin.

“Agar tujuan yang ingin dicapai Pemerintah Indonesia dapat terwujud, maka tidak hanya PT DI saja yang berperan, kami juga akan berusaha semaksimal mungkin memberikan dukungan agar Pemerintah Indonesia bisa mencapai tujuan”, jelasnya.

Sekjen Kemhan RI berterima kasih atas komitmen yang diberikan Korea Selatan baik dari Pemerintah Korea Selatan, DAPA atapun dari Korea Aerospace Industries (KAI), sehingga banyak kemajuan yang dicapai dalam proyek kerja sama pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X.

“Kami sangat berterimakasih, baik dari DAPA maupun KAI yang telah bekerjasama dengan baik, agar program berjalan sukses. Komitmen yang baik tersebut dibutuhkan untuk kelanjutan kerjasama kedepan”, ujar Laksdya TNI Widodo.

Turut mendampingi Sekjen Kemhan RI, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan RI Dr. Sutrimo dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemhan RI Dr. Ir. Anne Kusmayati, M.Sc.

Kemhan.go.id