BAE Luncurkan Kapal Selam Kelas Astute Keempat

BAE Systems luncurkan kapal selam serang kelas Astute ke-4. © BAE Systems

BAE Systems meluncurkan kapal selam kelas Astute ke-4 dari tujuh yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy) pada hari Kamis, seperti dilansir dari Defence World.

Kapal selam bertenaga nuklir dengan panjang 97 meter dengan bobot 7.400 ton yang secara resmi diberi nama Audacious pada sebuah upacara bulan Desember 2016 lalu, muncul dari aula raksasa dermaga Devonshire kemarin. Kini telah diturunkan ke air yang ada di dermaga dan untuk pertama kalinya memulai tahap berikutnya dari program uji coba dan penugasan sebelum meninggalkan Barrow untuk uji coba laut tahun depan.

Will Blamey, Managing Director Kapal Selam BAE Systems, mengatakan “Peluncuran hari ini menandai tonggak penting dalam program Astute dan menunjukkan kebanggaan kita dalam membangun kapal selam untuk Royal Navy. Audacious yang memasuki air lebih canggih dari kelas Astute sebelumnya. Kapal selam menempatkan kita pada posisi yang baik untuk tahap kerja berikutnya, pengujian dan commissioning sistem kompleksnya”.

“Merancang dan membangun kapal selam bertenaga nuklir sangat menantang dan peluncuran hari ini adalah satu lagi pengingat akan keterampilan unik yang sangat dibutuhkan untuk bisa menyampaikan program yang kompleks tersebut. Kami berharap dapat bekerjasama dengan kru Audacious untuk mempersiapkannya dalam uji coba laut, sebelum bergabung bersama kapal selam lainnya dan bekerja sama dengan Royal Navy”.

Asisten Kepala Staff Kapal Selam, Laksamana John Weale mengatakan “Ini adalah saat yang menyenangkan untuk melihat Audacious memasuki air pertama kali menjelang pengujian. Prestasi teknik semacam itu adalah bukti kemampuan tenaga kerja BAE Systems di Barrow.

Sebagai bagian dari peningkatan kemampuan Angkatan Laut Inggris, Audacious akan terus beroperasi dengan benar di seluruh dunia, membantu menjaga Inggris tetap aman. Berbekal torpedo Spearfish dan rudal jelajah Tomahawk, kapal selam kelas Astute adalah kapal selam berkemampuan paling tinggi yang pernah ada untuk Royal Navy.

Kapal selam kelas Astute dapat menyerang dengan target hingga 1.000 km dari pantai dalam akurasi pin-point, dilengkapi dengan kemampuan sonar terkemuka di dunia dan didukung oleh reaktor nuklir.

Tiga kapal selam pertama di kelasnya adalah HMS Astute, HMS Ambush dan HMS Artful, sekarang telah beroperasi, sementara tiga kapal selam kelas Asturian terakhir berada pada berbagai tahap konstruksi di situs Barrow.