Regenerasi 4 Komandan Satuan Kapal Koarmabar

Pangarmabar : Ujung tombak Koarmabar dalam menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurikdiksi nasional berada pada unsur KRI.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia memimpin upacara serah terima jabatan empat Komandan Satuan Kapal jajaran Koarmabar di Mako Koarmabar, Jakarta

Jakarta – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., memimpin upacara serah terima jabatan empat Komandan Satuan Kapal jajaran Koarmabar di Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta, (29/4/2017).

Jabatan yang diserahterimakan adalah Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmabar (Dansatfibarmabar) dari Kolonel Laut (P) Ganda Permana, S.T., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Heri Widodo. Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmabar (Dansatkatarmabar) dari Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M., kepada Kolonel Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya. Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmabar (Dansatranarmabar) dari Kolonel Laut (P) Friche Flack kepada Pangarmabar. Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmabar (Dansatbanarmabar) dari Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M., kepada Pangarmabar.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengatakan serah terima jabatan merupakan proses regenerasi yang bertujuan untuk memantapkan kualitas kepemimpinan, mengembangkan kemampuan manajerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman bagi perwira, sehingga diharapkan mampu mengemban setiap tugas yang dibebankan kepadanya secara profesional demi kemajuan organisasi.

Jabatan yang diserahterimakan merupakan jabatan di Komando Pelaksana Pembinaan di lingkungan Koarmabar. Satfib Koarmabar selaku pelaksana pembinaan bertugas melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsurnya dalam peperangan amfibi, sistem muat taktis dan administrasi. Satkat melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan anti kapal permukaan dan anti serangan udara.

Sedangkan Satran melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang peperangan ranjau dan anti serangan udara. Satban melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemam[puan tempur unsur-unsur organiknya dalam bidang pembekalan di laut serta bantuan logistik mobil. Semua pembinaan yang dilaksanakan satuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur unsur-unsur Koarmabar.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos., mengatakan ujung tombak Koarmabar dalam menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurikdiksi nasional berada pada unsur KRI. Kebijakan pemimpin TNI terhadap minimum esential force melalui pengadaan dan penghapusan unsur KRI berdampak pada kesiapsiagaan unsur operasi Koarmabar. Dengan kondisi tersebut, apa yang menjadi tugas Koarmabar dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan Laut harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

Melalui operasi dan latihan yang digelar jajaran Koarmabar dengan tepat, Pangarmabar yakin apa yang menjadi harapan pemimpin dalam menjaga stabilitas keamanan nasional maupun regional khususnya di perairan wilayah barat Indonesia dan dengan dilandasi profesionalisme serta militansi prajurit tujuan tersebut akan tercapai.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Yudo Margono, S.E., serta para Pejabat Utama Koarmabar.

Dispen Koarmabar