Howitzer “Yavuz” Baru Turki di IDEF 2017

Howitzer gerak mandiri “Yavuz” buatan Turki. © Defence Blog

Perusahaan Mechanical and Chemical Industry Corporation mengumumkan bahwa mereka akan menunjukkan howitzer gerak mandiri “Yavuz” yang baru diluncurkan dalam Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF) yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2017 di Istanbul, Turki, seperti dilansir dari Defence Blog.

Yavuz baru ini adalah senjata howitzer gerak mandiri kaliber 155 mm, dipasang pada chassis truk 6×6. Yavuz mampu menggunakan semua amunisi standar NATO hingga 30 km, namun juga mampu menembakkan hingga sejauh 40 km dengan dibantu proyektil (baso blood).

Howitzer gerak mandiri Yavuz ini dilengkapi dengan kabin yang dilapisi pelindung lapis baja untuk 5 kru. Berat kotor kendaraan ini tergantung pada jenis pelindung lapis baja, umumnya sekitar 30 ton. Truk ini didukung oleh mesin diesel 410 hp. Bisa meluncur dengan kecepatan maksimum 90 km/jam dan memiliki jangkauan operasional 600 km.

Sistem Yavuz, memiliki kapasitas amunisi sebanyak 18, dengan kecepatan tembak sekitar 4-6 kali per menit.

Jarak tembakan:

  • Amunisi M107 (HE): 18 km
  • Amunisi M549A1 RAP (HE): 30km
  • Amunisi MKE MOD 274-ERFB/BB: 40+ km

Howitzer gerak mandiri Yavuz tersebut telah dilengkapi dengan sistem pengisian amunisi semi otomatis yang digerakkan oleh listrik dan dikendalikan secara elektronika.