Belarusia Akan Mengungkap Radar “Vostok 3D” di MILEX 2017

Radar 3 dimensi “Vostok-3D” buatan Belarus. © KB Radar

KB Radar, salah satu organisasi utama dalam Komite Industri Militer Republik Belarus, saat ini sedang mengembangkan radar tiga dimensi yang disebut dengan “Vostok-3D, yang akan diresmikan pada pameran MILEX 2017 bulan ini, seperti dilansir dari Defence Blog.

Radar Vostok-3D telah dikembangkan secara mandiri di Belarus dan dirancang untuk bisa digunakan menggantikan produk asing. Vostok-3D dibuat oleh KB Radar, perusahaan induk yang mengelola Sistem Radar, ini dirancang untuk mendeteksi target udara, mengukur jarak dan juga radius, serta ketinggian dan kecepatan radialnya.

Stasiun radar juga dapat secara otomatis melacak lintasan dan mengenali kelas/jenis target, dan memberikan umpan data yang dihasilkan kedalam sistem kendali terpadu.

“Radar Vostok-3D dirancang untuk mendeteksi platform udara, memperkirakan jangkauan, azimut, perkiraan ketinggian dan jangkauan, pelacakan dan klasifikasi target otomatis, transmisi informasi radar ke dalam sistem kontrol terpadu”, menurut sumber perusahaan.

Radar Vostok-3D sepenuhnya baru dan dikembangkan oleh Belarusia yang dirangcang untuk menggantikan semua radar 3D dan radar pengukur jarak serta ketinggian yang sebelumnya telah digunakan oleh Belarusia.

Radar Vostok-3D mengungguli radar VHF P-18, 5R84, 1L13, radar 3D 19Zh6 maupun radar asing lainnya dalam hal karakteristik kinerja karena telah menggunakan teknologi radar dan digital mutakhir, dengan memanfaatkan 2 frekuensi beserta solusi teknik canggih.

Komposisi Radar Vostok-3D

  • Kendaraan Pembawa Antena
  • Workstation otomatis jarak jauh (RAWS)
  • Generator bertenaga diesel otonom

Dalam pameran MILEX 2017 nanti, perusahaan KB Radar dari Belarusia, akan menampilkan produk teknologi pertahanan yang dimiliki tentara Belarusia saat ini dan telah ditingkatkan sejak pameran sebelumnya di samping sejumlah produk terbaru, seperti solusi lokasi radio yang menerapkan lokasi radio serta teknik pemrosesan sinyal radio berteknologi canggih.