China Siapkan Langkah, Jika THAAD Korsel Dipasang

China menentang THAAD Amerika Serikat di Korea Selatan. (Department of Defense/Lockheed Martin)

Beijing – China menegaskan sikapnya 2/5/2017 menentang penempatan sistem pertahanan anti-peluru kendali THAAD Amerika Serikat di Korea Selatan dan mendesak agar pengerahan dihentikan.

Sistem THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) memiliki kemampuan operasi awal untuk mempertahankan diri dari rudal Korea Utara, ujar sejumlah pejabat AS pada 1/5/2017, menepis keberatan China terhadap pengerahan sistem tersebut.

“Kita akan dengan tegas mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi kepentingan-kepentingan kita,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang dalam acara jumpa pers harian, tanpa memberikan keterangan rinci.

Beijing beralasan radar THAAD bisa digunakan untuk memata-matai wilayahnya kendati Washington telah menjamin bahwa THAAD benar-benar digunakan hanya untuk kepentingan pertahanan.

Presiden AS Donald Trump telah mendesak China untuk berbuat lebih dalam mengendalikan program nuklir dan peluru kendali negara tetangganya, Korea Utara, dan baru-baru ini memuji upaya yang dijalankan Presiden China Xi Jinping.

Korut secara teknis masih berperang dengan Korea Selatan setelah konflik mereka pada 1950 hingga 1953 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian.

Korea Utara telah secara berkala melancarkan ancaman untuk menghancurkan Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan.

Antara/Reuters