Rudal Baru Pesawat Tempur T-50 untuk Hancurkan Kapal Induk

Pesawat tempur siluman T-50 miliki rudal baru yang canggih

Rudal Baru Pesawat Tempur T-50 untuk Hancurkan Kapal Induk 1

Jet tempur baru Sukhoi T-50 PAK-FA Rusia baru saja diberi kemampuan lain – sarana untuk menghancurkan kapal perang permukaan. Sputnik berbicara dengan ahli militer Andrei Golovatyuk untuk mengetahui apakah sekarang tepat untuk menambahkan ‘pembunuh kapal’ ke daftar kemampuan pesawat generasi kelima, T-50 PAK-FA.

Surat kabar Izvestia dari Rusia melaporkan 3/5/2017 bahwa rudal jelajah taktis Kh-35UE, yang merupakan upgrade dari rudal anti-kapal subsonic Kh-35 yang diluncurkan pesawat tempur, telah dimasukkan ke dalam armada persenjataan potensial pesawat siluman Sukhoi T-50.

Senjata tersebut, mampu menarget dan menghancurkan segala sesuatu mulai dari kapal pendarat hingga kapal induk, dan juga target darat, termasuk titik-titik berat, gudang dan bahkan peralatan militer bergerak, dapat melewati sistem pencegah pertahanan rudal, serta jamming elektronik yang canggih. Kemampuan ini berkat adanya sistem panduan dual-band active / passing homing.

Ini adalah kemampuan untuk menargetkan serangkaian target berbasis darat, bersama dengan intake yang lebih pendek dan sayap lipat, yang membedakan dengan Kh-35EU dari pendahulunya.

Para ahli yang berbicara dengan Izvestia mengatakan bahwa penggabungan yang sukses dari Kh-35UE ke dalam gudang senjata T-50 secara efektif mengubahnya menjadi ‘mesin tempur multifungsi’ yang karakteristiknya jauh melampaui pesawat tempur belaka.

Nikolai Vasilyev, perancang utama rudal Kh-35UE di Korps Tactical Missiles Corporation yang berbasis di Korolev, mengatakan kepada Izvestia bahwa pengujian rudal jelajah di pesawat tempur T-50 telah selesai, dan senjata tersebut terbukti sepenuhnya kompatibel dengan peralatan onboard pesawat. Saat dikerahkan, rudal jelajah akan dipasang di bawah sayap pesawat tempur T-50.

Vasilyev juga mengingatkan bahwa rudal Kh-35UE telah menunjukkan kemampuan secara efektif pada varian pesawat berbasis kapal induk MiG-29K dan MiG-29KUBR, dan pada helikopter serang Ka-52.

Rudal-Kh-35UE Rusia (Vitaly V. Kuzmin)

Rudal Baru Pesawat Tempur T-50 untuk Hancurkan Kapal Induk 2

Diminta mengomentari perkembangan ini, Andrei Golovatyuk, seorang pensiunan kolonel dan analis militer Rusia yang dihormati, mengatakan kepada Radio Sputnik bahwa dia merasa tidak mengejutkan bia rudal jelajah rudal Kh-35UE, telah menemukan jalannya ke gudang senjata pesawat tempur T-50.

Analis militer ini mengingatkan bahwa pesawat tempur generasi kelima Rusia menggunakan teknologi siluman dan avionik terbaru, “dan, karenanya, persenjataan modern, keduanya dikembangkan oleh para insinyur kami.” Secara keseluruhan, “ini adalah pesawat terbang yang memasuki tingkat yang baru, pada dasarnya lebih maju,” katanya.

“Sedangkan untuk rudal [Kh-35UE], itu hanya unik,” tambah Golovatyuk. Untuk satu hal, “senjata ini adalah rudal jelajah universal, dan dapat ditempatkan di berbagai platform – dari kapal, ke pesawat terbang, helikopter, hingga sistem rudal pertahanan pantai. Dengan kata lain,pesawat T-50 dianggap sebagai salah satu Platform paling menjanjikan untuk rudal ini. ”

Sputniknews.com

Leave a Reply