Operasi Militer Pertama Destroyer Jepang di Luar Negeri

Kapal destroyer JS Sazanami DD-113 Jepang (purivve)
Operasi Militer Pertama Destroyer Jepang di Luar Negeri 1

Tokyo – Kapal Perusak Jepang telah bergabung dengan kapal angkut helikopter Japan Maritime Self-Defense Force yang mengawal sebuah kapal Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal perang destroyer ini untuk pertama kali melakukan operasi militer di luar Jepang dengan misi perlindungan kapal yang dimungkinkan oleh undang-undang keamanan baru Jepang, ujar pemerintah dan sumber lainnya, pada 3/5/2017.

Kapal destroyer JS Sazanami DD-113 bergabung dalam misi tersebut, yang awalnya hanya melibatkan Izumo, setelah meninggalkan markas MSDF di Kure, Prefektur Hiroshima, pada hari Selasa, ujar sumber tersebut. Misi pendamping dijadwalkan berakhir pada hari Rabu.

Setelah misi selesai, kedua kapal MSDF akan ambil bagian dalam sebuah acara di Singapura pada tanggal 15 Mei 2017.

Kapal destroyer JS Sazanami DD-113 Jepang
Operasi Militer Pertama Destroyer Jepang di Luar Negeri 2

Kapal pasokan Angkatan Laut juga akan menyediakan bahan bakar untuk kapal Amerika Serikat lainnya yang ditempatkan di Laut Jepang, termasuk yang beroperasi bersama dengan kapal induk bertenaga nuklir yang dikirim ke wilayah tersebut di tengah meningkatnya ketegangan atas Korea Utara.

Izumo yang memiliki bobot 19.500 ton berangkat dari pangkalan Yokosuka, sebelah barat daya Tokyo, pada hari Senin sebelum bergabung dengan kapal Angkatan Laut. Misinya ini yang pertama diaktifkan oleh undang-undang, yang mulai berlaku tahun lalu dan telah memperluas peran Pasukan Bela Diri.

Mainichi.jp

Leave a Comment