Koarmatim Gelar Latihan Operasi Pertahanan Pantai

Peserta latihan Ops Hantai melaksanakan tactical floor game di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung Surabaya, Jumat (5/5/2017). (koarmatim.tnial.mil.id)

Prajurit Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan latihan Operasi Pertahanan Pantai (Ops Hantai) tahun 2017 di Pusat Latihan Kapal Perang Koarmatim (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) adalah Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto.

Latihan Ops Hantai dilaksanakan selama 7 hari, yaitu pada tanggal 2—8 Mei 2017 yang terpusat di Puslat Kaprang Koarmatim. Latihan ini diikuti oleh pelaku dari prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut diantaranya para Asisten Operasi Lantamal Wilayah Timur, perwakilan prajurit Koarmatim, Kolinlamil dan Pasmar I Surabaya.

Operasi pertahanan pantai meliputi operasi peranjauan, operasi pernika, operasi peperangan anti kapal permukaan dan operasi pertahanan di darat guna menghancurkan kekuatan pasukan amfibi lawan.

Operasi pertahanan pantai merupakan operasi yang dilaksanakan dibawah komando tugas gabungan Opshantai yang terdiri dari komponen TNI Angkatan Laut sebagai kekuatan inti dengan melibatkan komponen TNI Angkatan Darat dan Komponen TNI Angkatan Udara yang diselenggarakan dalam rangka menggagalkan operasi amphibi musuh pada daerah pantai tertentu di wilayah NKRI.

Sumber: Dispenarmatim