China Kembangkan Drone Anti Kapal Unik dan Canggih

Kendaraan tak berawak anti kapal ultra rendah. © Defence Blog

China saat ini sedang mengembangkan kendaraan anti-kapal tak berawak ultra rendah yang unik. Rincian tersebut telah muncul dari sebuah kendaraan nirawak asal China yang mampu menyerang kapal perang permukaan milik musuh, seperti dilansir dari Defence Blog.

Kendaraan anti-kapal nirawak ultra rendah yang memanfaatkan interaksi aerodinamis antara sayap dan permukaannya – biasanya di laut – mampu terbang sangat rendah dan lebih efisien daripada pesawat konvensional, sementara drone tersebut mampu mencapai kecepatan jauh lebih tinggi daripada kapal.

Menurut beberapa sumber, sistem anti-kapal generasi masa depan tersebut menggabungkan kemampuan yang telah terbukti dari keluarga rudal anti-kapal dengan kendaraan kapasitas darat tidak berawak, yang dapat digunakan sebagai pembawa dan juga landasan bagi sebuah amunisi jarak jauh.

Spesifikasi drone anti kapal ketinggian ultra rendah

Sistem nirawak anti-kapal ultra rendah baru dapat terbang setinggi 50 cm di atas permukaan laut serta dapat mencapai ketinggian maksimum 3.000 km. Drone tersebut dapat beroperasi selama 1,5 jam, tergantung pada profil penerbangan. Berat lepas landas maksimum (MTOW) adalah 3.000 kilogram dan dapat membawa muatan 1.000 kg.

Para ahli militer mengatakan bahwa untuk mempertahankan diri dari serangan rudal ini akan sangat menantang, membutuhkan deteksi dini dan respon yang cepat.

Sharing

Tinggalkan komentar