Rusia Sebut Beriev A-100 AEW&C Baru Bisa Deteksi F-22 dan F-35 AS

Pesawat AEW&C Beriev A-100 Rusia sedang lepas landas. © Max Bakshaev

Angkatan Udara Rusia akan sangat bergantung pada pesawat peringatan dini dan kontrol Beriev A-100 “Premier” baru untuk mendeteksi pesawat siluman musuh seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II, seperti dilansir dari China Topix.

Beriev A-100 terbang perdana pada bulan Oktober 2016, dan dilengkapi radar AESA Vega Premier baru di sebuah radome yang berputar. Radar AESA berputar setiap lima detik, guna meningkatkan kemampuan radar untuk melacak sasaran yang bergerak dengan cepat seperti jet musuh.

Beriev A-100, berbasis pada pesawat transport Il-76MD-90A (Il-476), dan kini masih dalam pengembangan. Beriev A-100 dikembangkan oleh Vega Radio Engineering Concern, anak perusahaan Rostec, perusahaan negara yang mendominasi industri pertahanan Rusia.

Dijuluki sebagai “The Flying Mushroom” atau cendawan terbang karena ukuran radomenya yang besar, Beriev A-100 adalah sebuah sistem radar pengintai dan pemandu jarak jauh. Ini berperan untuk mendeteksi target udara, kapal permukaan dan menyampaikan informasi ke pusat komando tentang situasi yang ada.

Selain itu, Beriev A-100 juga dapat berfungsi sebagai pos komando udara dan memberikan bantuan untuk menyerang pesawat untuk menyerang sasaran udara, darat dan laut.

Pesawat radar pengintai jarak jauh multifungsi Beriev A-100 akan dapat mendeteksi kategori target baru, termasuk pesawat taktis generasi mendatang, menurut Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Sergei Shoigu.

“Kompleks ini akan dapat dengan cepat membangun medan radar sesuai arahan operasional yang diberikan. Pengembangannya dikondisikan oleh munculnya kategori sasaran baru, ini termasuk pesawat taktis generasi mendatang”, kata Jenderal Shoigu beberapa hari yang lalu.

Menurut media pemerintah Rusia, mengatakan bahwa pesawat taktis generasi mendatang yang dikutip oleh Jenderal Shoigu tersebut mengacu pada pesawat siluman F-22 dan F-35 buatan Amerika.

Jenderal Shoigu juga mengatakan bahwa VVS berencana untuk mengembangkan dua varian Breiev A-100, yaitu laboratorium terbang dan prototipe sistem AEW&C multifungsi.