India Tak Puas Terhadap Hasil Uji Coba Rudal Agni-II

Uji coba rudal balistik jarak menengah berkemampuan nuklir Agni-II India gagal memenuhi semua parameter yang diinginkan. © Reuters

Uji coba yang dilaksanakan pada hari Kamis (04/05/2017) dari pusat peluncuran mobile di Integrated Test Range (ITR) yang berada di Pulau Abdul Kalam sekitar pukul 10.25 waktu setempat, tidak memenuhi semua parameter yang diinginkan, seperti dilansir dari Hindustan Times.

Pengujian rudal permukaan-ke-permukaan (SSM) jarak menengah yang memiliki jangkauan serangan lebih dari 2.000 km sebagai bagian dari percobaan oleh pengguna yaitu Angkatan Bersenjata India. Rudal Agni-II dengan panjang 20 meter tersebut berbobot 17 ton dan bisa membawa hulu ledak 1.000 kg.

Agni-II telah dilantik ke dalam layanan militer India dan dilakukan pengujian hari Kamis lalu dari Launch Complex-4 yang ada di ITR, uji coba tersebut dilakukan oleh Komando Pasukan Strategis (SFC) sebagai bagian dari latihan.

Dukungan logistik untuk pengujian itu disediakan oleh Defense Research and Development Organization (DRDO). Rudal dua tahap tersebut dilengkapi dengan sistem navigasi canggih dan diklaim mempunyai akurasi tinggi. Rudal itu didukung sistem roket propelan padat.

Ini adalah bagian dari rangkaian rudal Agni yang dikembangkan oleh DRDO yang mencakup rudal Agni-I (700 km), Agni-II (2.000 km), Agni-III (3.000 km), Agni-IV (4.000 km) dan Agni-V (lebih dari 5.000 km).