Latihan Bersama Su-27/30, F-16, dan Super Tucano TNI AU

Pesawat jet tempur F-16 dan Sukhoi 27-30 melakukan simulasi Dog Fight ketika gladi bersih Upacara Peringatan ke-71 Hari TNI AU tahun 2017 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, (7/4/2017). (Antara /Widodo S. Jusuf)

Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II menggelar latihan Sikatan Daya 2017 pada 8—15 Mei 2017. Latihan yang melibatkan seluruh pesawat tempur dari Lanud jajaran Koopsau II ini dibuka oleh Kaskoopsau II Marsma TNI Donny Ermawan di lobi Makoopsau II, Makassar.

Latihan Sikatan Daya dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan latihan Pos Komando (Latposko) secara teleconference di satuan masing-masing. Tahap kedua adalah kegiatan Tactical Air Manouvering Game (TAMG) di Markas Komando Operasi Angkatan Udara II Makassar. Tahap terakhir dilaksanakan latihan lapangan berupa penembakan di Air Weapon Range (AWR) Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan penembakan akan melibatkan pesawat tempur Sukhoi Su-27/30, F-16 Fighting Falcon, dan Super Tucano. Ketiga pesawat tempur itu akan melaksanakan penembakkan air to ground dengan menggunakan bom maupun roket.

Latihan ini menjadi evaluasi pada tingkat latihan satuan jajaran koopsau II yang dilaksanakan sebelumnya. Tujuannya, melihat pencapaian tingkat profesionalisme para penerbang yang terlibat beserta satuan lain, agar kesiapan dalam mejalankan tugas operasi tetap terjaga apabila diperlukan.

Selain berbagai pesawat tempur, dalam latihan kali ini juga dikerahkan unsur angkut dan intai, seperti pesawat C-130 Hercules, Boeing 737 Surveilance, C-212 Cassa, dan Helikopter SAR. Sementara, pasukan yang dilibatkan terdiri dari personel Paskhas Batalyon 464 dari Wing 2 Paskhas Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Sumber: tni-au.mil.id