Presiden Chile ke Indonesia Eratkan Kerjasama

Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria (Alex Proimos)

Jakarta – Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria melakukan kunjungan kenegaraan di Indonesia pada 11-12 Mei 2017, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Kamis, 11/5/2017.

Pada kunjungannya, Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas penguatan kerja sama Indonesia-Chile. Presiden Michelle Bachelet memfokuskan diskusi untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan serta perikanan, termasuk kerja sama sosial budaya.

Kunjungan Presiden Chile itu memiliki arti penting yang sejalan dengan prioritas Pemerintah RI dalam upaya untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan.

Selama berada di Indonesia, Presiden Michelle Bachelet juga rencananya akan menghadiri seminar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) RI-Chile.

Presiden Chile juga akan menggunakan kesempatan kunjungannya untuk mengadakan pertemuan di Sekretariat ASEAN serta peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Chile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di wilayah Amerika Selatan. Pada 2016, volume perdagangan RI-Chile mencapai 227 juta dolar Amerika Serikat (AS) dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 60,5 juta dolar AS.

Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) RI-Chile yang saat ini sedang dirundingkan memiliki potensi meningkatkan perdagangan bilateral, investasi, serta menjadikan Chile sebagai pintu masuk utama bagi produk-produk Indonesia di pasar Amerika Selatan.

Antara