Donald Trump: Pelontar Digital “No Good” Lah

Kapal induk Angkatan Laut AS, USS Gerald Ford. © US Navy

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam sebuah wawancara yang pada hari Kamis (11/05/2017) mengatakan bahwa telah memerintahkan Angkatan Laut AS berhenti menggunakan Electro-Magnetic Aircraft Launch System (EMALS) digital terbaru untuk meluncurkan pesawat dari kapal induk kelas Ford dan kembali menggunakan metode pelontar tua, sebagaimana dilansir dari Sputnik News.

“Anda tahu pelontar itu cukup penting”, kata Trump dalam sebuah wawancara dengan TIME. “Digital… Terdengar buruk bagi saya… [jadi] saya bilang tidak, tidak, Anda akan menggunakan uap sialan [piston uap]”.

Sistem EMALS dimaksudkan untuk meluncurkan pesawat dari kapal induk menggunakan motor induksi linier yang akan mengganti metode piston uap lama. Sistem EMALS saat ini masih dalam pengembangan oleh General Atomics.

Trump mengatakan kepada Angkatan Laut AS bahwa sistem digital akan menghabiskan biaya ratusan juta dolar, dan itu sangat “tidak baik”. USS Gerald Ford adalah kapal induk pertama yang menggunakan sistem EMALS dan kapal induk USS John F. Kennedy telah diatur untuk menggunakan sistem pelontar (ketapel atau catapult) baru.

Pada tanggal 2 Mei 2017 yang lalu, Departemen Pertahanan AS telah memberi dua kontrak senilai US $ 90 juta untuk pemeliharaan teknis serta memodernisasi kapal induk AS.