China Uji Coba Rudal Jenis Baru Dekat Semenanjung Korea

Kapal perang China tembakkan rudal (ilustrasi). © AFP

Pasukan roket China telah melakukan uji tempur jenis peluru kendali baru di Laut Bohai, menurut sebuah pernyataan dari Biro Informasi Kementerian Pertahanan Nasional China, seperti dilansir dari Defence Blog.

Ucapan tersebut disampaikan oleh juru bicara Biro Informasi di Kementrian Pertahanan China, pada hari Selasa (09/05/2017) sebagai tanggapan atas penyelidikan media tentang sebuah uji coba rudal yang baru-baru ini dilaksanakan oleh Beijing.

“Uji coba di Laut Bohai dilakukan untuk meningkatkan kemampuan operasional Angkatan Bersenjata China dan secara efektif menanggapi ancaman terhadap keamanan nasional”, kata juru bicara Kementerian Pertahanan tersebut dalam sebuah pernyataan singkat.

Tes tersebut dilakukan sesuai dengan rencana latihan tahunan dalam upaya meningkatkan keterampilan dan kemampuan tempur pasukan mereka untuk menangani berbagai jenis ancaman terhadap keamanan nasional, sebut pernyataan itu.

“Pengujian tersebut telah mencapai hasil yang diharapkan”, menurut pernyataan tersebut, tanpa mengungkapkan tanggal pastinya.

Laut Bohai berada di lepas pantai provinsi Tianjin, Shandong, Hebei dan Liaoning.

Pengumuman tersebut disampaikan bersamaan ketika warga Korea Selatan memilih mantan pengacara hak asasi manusia (HAM) Moon Jae-In dalam sebuah pemilihan presiden yang di laksanakan akibat adanya skandal yang menyebabkan pemakzulan presiden Korea Selatan sebelumnya.

Tes tersebut juga dilakukan saat China, Amerika Serikat dan Korea terkunci dalam sebuah pertengkaran diplomatik yang rumit mengenai peluncuran rudal Pyongyang dan uji coba nuklir potensial yang baru.