Anda Mau Jadi Turis Luar Angkasa? Siapkan Dulu Kocek 3,3 Miliar

Pesawat antariksa sub-orbital SpaceShipTwo. © Virgin Galactic

Setelah tertunda selama lebih kurang sembilan tahun, akhirnya Virgin Galactic akan segera menerbangkan para penumpang pesawat ruang angkasa pertamanya ke batas ruang angkasa dengan pesawat antariksa SpaceShipTwo yang ramping pada kuartal keempat tahun 2018, seperti dilansir dari China Topix.

Konfirmasi dari penerbangan pertama telah disampaikan perusahaan pada bulan April 2017 oleh CEO Virgin Galactic, George Whitesides. Baru-baru ini ditegaskan kembali oleh pendiri Virgin Galactic, Sir Richard Branson. Sir Richard mengatakan bahwa dia sangat menantikan untuk memulai penerbangan ruang angkasa komersial pertama tahun depan.

Pemenuhan tenggat waktu ini oleh Virgin Galactic akan menjadikan perusahaan penerbangan ruang angkasa yang didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan pertama yang mencapai penerbangan antariksa komersial, berada didepan para pesaingnya SpaceX dan Blue Origin.

“Saya pikir dipenghujung abad ini, saya harap ratusan ribu orang akan memiliki kesempatan untuk menjadi astronot”, kata Sir Richard dalam sebuah acara yang dilangsungkan oleh perusahaan di Mojave Air and Space Port, California, AS.

Baru-baru ini perusahaan Virgin Galactic telah melakukan sejumlah uji coba sistem re-entry dari Pelabuhan Udara dan Antariksanya di Mojave. Pesawat ulang-alik SpaceShipTwo, akan dibawa terbang tinggi oleh pesawat pengangkut yang dikenal sebagai White Knight Two.

Pesawat White Knight Two mengangkut pesawat luar angkasa SpaceShipTwo. © Virgin Galactic Pesawat White Knight Two membawa SpaceShipTwo hingga di ketinggian tertentu. © Virgin Galactic Pesawat luar angkasa SpaceShipTwo telah dilepaskan dari pesawat pembawa. © Virgin Galactic Pesawat SpaceShipTwo meluncur ke luar angkasa hingga ketinggian 100 km dengan tenaga pendorong sendiri. © Virgin Galactic

Pesawat SpaceShipTwo akan mengangkut enam penumpang dan ditambah dua orang pilot.

Setelah berada pada ketinggian yang telah ditentukan, pesawat SpaceShipTwo itu kemudian akan dilepaskan oleh White Knight Two, lantas terbang keluar angkasa dengan kekuatannya sendiri. Pesawat SpaceShipTwo itu akan membawa para penumpangnya hingga menempuh jarak 100 kilometer di atas Bumi, yang merupakan definisi legal dari luar angkasa.

Para penumpang tersebut akan mengalami kehilangan bobotnya serta memiliki hak istimewa untuk melihat Bumi dari sudut pandang astronot. Hingga saat ini diperkirakan telah ada 500 orang yang mendaftar untuk naik pesawat SpaceShipTwo. Bila anda berminat untuk menjadi salah satu turis luar angkasa, maka anda harus merogoh kocek sebesar US $ 250.000 atau sekitar 3,3 miliar rupiah untuk membeli tiketnya.

Sir Richard pada awalnya berharap bisa melihat penerbangan perdana di akhir tahun 2009, namun rencana tersebut telah ditunda oleh sejumlah alasan, tapi yang menjadi alasan utama adalah kecelakaan VSS Enterprise pada Oktober 2014 yang lalu dimana telah menewaskan sang pilot pesawat tersebut.

Virgin Galactic sekarang sedang mengembangkan wahana antariksa komersial dan bertujuan untuk menyediakan penerbangan ruang angkasa sub-orbital kepada wisatawan luar angkasa serta peluncuran sub-orbital untuk misi sains luar angkasa. Perusahaan ini juga berencana menyediakan penerbangan ruang angkasa orbital manusia.